Home / Muamalah / Tatacara Pernikahan dalam Islam

Tatacara Pernikahan dalam Islam

PENDAHULUAN

Aturan pernikahan merupakan salah hal pentingdalam ajaran Islam. Allah telah mengatur tatacara pernikahan mulai dari persiapan menikah hingga jika sewaktu-waktu terjadi perceraian. Nikah bukan hanya sekedar penghalalan hubungan seksual yang merupakan tabiat manusia.

Tapi di dalamnya terdapat tujuan tinggi berkenaan dengan peradaban manusia. Karenanya, aturan-aturan pernikahan harus kita pahami dengan baik sehingga nantinya kita dapat membangun keluarga sesuai dengan ajaran Islam.

 SEJARAH PERNIKAHAN PRA ISLAM

Sebelum datangnya Islam, di Arab sudah ada berbagai macam aturan pernikahan. Lebih tepatnya mungkin bukan pernikahan sebagaimana yang kita pahami. Tapi sekedar aturan bagaimana seorang laki-laki berhubungan badan dengan perempuan.

Mereka mengarang sendiri aturan hubungan seksual menurut sekehendak mereka. Dalam riwayat Imam al-Bukhari dan periwayatan lainya meriwayatkan dari Aisyah r.a. bahwa hubungan (hubungan badan) antara laki-laki dan perempuan pada masa jahiliyah terdapat beberapa macam:

Pertama,  istibdha’, yaitu hubungan laki-laki perempuan untuk mencari bibit unggul. Seorang laki-laki yang sudah menikah menyuruh istrinya untuk berhubungan dengan laki-laki lain yang dipandang mempunyai kelebihan tertentu untuk mendapatkan keturunan yang lebih baik.

Kedua, al-Maqthu’ yaitu perkawinan warisan. Jika seorang ayah meninggal maka secara paksa anak mewarisi istri mendia ayahnya,dan apabila masih kecil ,maka keluarga yang lain menahan istri tersebut hingga anak laki-laki itu dewasa.

Ketiga, al-rahtun, yaitu sekelompok laki laki yang jumlahnya kurang dari sepuluh orang berkumpul, kemudian mendatangi seorang wanita dan masing-masing menggaulinya. Jika wanita itu hamil dan melahirkan serta telah berlalu beberapa malam setelah kelahiran,dia mengutus seseorang kepada mereka,maka tidak ada satupun laki-laki yang dapat mengelak dan disuruhnya berkumpul,kemudian wanita memilih seorang bapak dari laki-laki yang disenanginya,dari beberapa laki-laki yang telah menggaulinya.

Keempat, khaddan, yaitu perkawinan antara seorang perempuan dan laki-laki secara sembunyi-sembunyi tanpa akad yang sah,dan hal ini diperbolehkan oleh arab jahiliyah selama dilakukan sembunyi-sembunyi. Selain itu masih terdapat dua bentuk perkawinan lagi yaitu perkawinan

Kelima, badal yaitu tukar-menukar istri. Hal ini dilakukan berdasarkan kesepakatan para suami yang saling menghendaki.

Keenam, al-syigar, yaitu perkawinan paksa dengan cara tukar menukar saudara atau anak perempuan.

Di sinilah peran Islam yang menghapus segala bentuk perkawinan dalam bentuk tersebut,dan hanya membolehkan perkawinan antara seorang laki-laki dan perempuan dengan syarat bukan mahram dan prosesnya pun didahului dengan adanya khitbah kemudian penyerahan mahar sebagai bentuk dari peghargaan terhadap wanita dan kemudian adanya ijab dan qobul.

PENGERTIAN PERNIKAHAN

 Nikah adalah akad yang menghalalkan pergaulan suami istri antara seorang laki-laki dan perempuan yang bukan mahram yang memenuhi persyaratan tertentu yang berimplikasi pada timbulnya hak dan kewajiban bagi masing-masing demi terwujudnya keluarga yang sehat lahir dan batin. (M. Bagir al-Habsyi, 2002: 3).

Selanjutnya Kompilasi Hukum Islam (KHI) menyebutkan: perkawinan menurut hukun Islam adalah pernikahan, yaitu akad yang sangat kuat atau mitssaqan ghalidzan untuk mentaati perintah Allah dan melaksanakannya merupakan ibadah.

Ada dua hal penting yang harus digarisbawahi dalam pengertian ini yaitu: ibadah, dan mitsaqan ghalizan. Kata ibadah di sini mengandung pengertian bahwa pernikahan dalam Islam bukan hanya ikatan perjanjian antara manusia.

Tapi sebuah janji suci di hadapan Allah SWT. Pernikahan, disamping disaksikan oleh wali, saksi, dan orang-orang yang hadir, juga yang terpenting disaksikan Allah. Karena itulah pernikahan disebut dengan mitsaqan ghalizan (janji yang amat kuat, janji yang sakral).

Pernikahan adalah “transaksi” hukum yang bersifat luar biasa. Masyarakat sering membedakan antara “perkawinan” dan “pernikahan”. Namun dalam bahasa hukum keduanya tidak dibedakan. Baik perkawinan maupun pernikahan dipakai untuk menyebutkan proses perjodohan dengan syarat dan rukun tertentu yang ditetapkan Islam.

HUKUM PERNIKAHAN

Hukum pernikahan adalah sunah mustahab (sangat dianjurkan Nabi). Artinya, manusia sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk menikah. Meninggalkannya, tanpa alasan yang dibenarkan agama tidak disukai Nabi.

Bahkan bagi orang yang membenci pernikahan tidak diakui sebagai umat Nabi. Allah SWT menciptakan laki-laki dan perempuan untuk saling berpasangan, bukan hidup sendiri-sendiri, sebagaimana firman-Nya: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS. ar-Rum [30]: 21).

Allah juga memerintahkan pernikahan dalam firaman-Nya: “Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. an-Nur [24]: 32).

Bagi yang belum memunyai kemampuan untuk menikah, Allah memerintahkan untuk menjaga diri tergelincir ke dalam kemaksiatan. Allah berfirman: “Dan mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk menikah hendaknya menjaga kesucian sampai Allah memampukan mereka dengan karunia-Nya.” (QS. an-Nur [24]: 33).

Beberapa ulama banyak yang memberikan beberapa hukum pada nikah, tergantung kondisinya. Nikah hukumnya wajib bagi orang yang mempu dan khawatir tergelincir ke dalam kemaksiatan. Sunah bagi orang yang mampu tapi tidak mengkhawatirkan dirinya tergelincir dalam kemaksiatan. Makruh bagi laki-laki yang tak mampu member nafkah, dan haram bagi laki-laki yang mengalami disungsi ereksi.

Hukum yang bermacam-macam ini sebenarnya bukan hukum asal nikah sebagaimana ketentuan Islam. Tapi sekedar fatwa kasuistik yang dimaksudkan untuk memberikan bimbingan bagi orang yang mau menikah sesuai dengan kondisi orang yang bersangkutan.

TUJUAN PERNIKAHAN

Tujuan pernikahan adalah untuk meraih ketenteraman hidup (QS. ar-Rum [30]: 21), yaitu membina rumah tangga SAMARA (sakinah, mawaddah, warahmah)/BMW (barokah, mawaddah, warrahmah) dalam rangka meraih ridha Allah dan mengikuti Sunah Rasul.

KHI Bab II Pasal 3 menyebutkan: Perkawinan bertujuan untuk mewujudkan kehidupan rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah.

MENCARI JODOH

Sebelum menikah, biasanya didahului dengan mencari jodoh. Mencari jodoh adalah upaya mencari calon pasangan hidup yang sesuai dengan kriteria yang diajarkan Islam. Apa yang harus dilakukan dalam mencari jodoh ini? Secara singkat yang harus dipenuhi ada dua hal: ikhtiar lahir, dan ikhtiar batin.

Pertama, ikhtiar lahir. Ikhtiar lahir adalah mencari pasangan yang secara lahiriah memenuhi kriteria yang disyaratkan Islam. Apa kriterianya? Nabi Muhammd SAW bersabda: Wanita itu dinikahi karena empat perkara, bisa jadi karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. Maka pilihlah olehmu wanita yang memiliki agama. Bila tidak, engkau celaka.” (HR. Al-Bukhari & Muslim).

Kriteria ini tentunya juga berlaku bagi laki-laki. Jadi kriteria utama dalam memilih jodoh adalah agama. Calon suami istri wajib seiman, sama-sama beragama Islam. Pilihlah laki-laki yang saleh dan perempuan yang salehah. Laki-laki/perempuan yang taat beragama, yang rajin ibadah, yang mempunyai moral yang baik.

Harta dan ketampanan/kecantikan dalam Islam tidak dijadikan standar utama. Demikian juga cinta. Menikah tidak boleh didasarkan terutama karena alasan cinta yang didasarkan pada hawa nafsu. Jadi menikah bukan komitmen pada cinta birahi, tapi komitmen pada aturan Allah.

Kedua, ikhitar batin. Ikhtiar batin adalah memohon kepada Allah. Termasuk memohon agardiberikan jodoh terbaik menuruNya. Ikhtiar ini bisa dilakukan dengan melaksanakan shalat istikharah.

TAARUF

Ta’aruf berasal dari kata ta’arrofa-yata’arrofu-ta’arrufan yang artinya berkenalan. Secara terminologi, taaruf adalah perkenalan ke arah terjadinya pernikahan.

Secara teknis, ta’aruf biasanya seorang pria datang ke tempat seorang perempuan, kemudian minta izin kepada walinya untuk berkenalan dengan perempuan yang dimaksud.

Dalam berta’aruf ini satu sama lain saling mengenal sekaligus saling menilai apakah laki-laki/perempuan yang di hadapannya dirasa cocok sebagai pendamping hidup.

Selain dengan cara tatap muka atas izin walinya ini, untuk mengenal lebih jauh calonnya, masing-masing juga boleh mencari informasi mengenai calonnya itu misalnya dari saudara, teman, atau yang lainnya.

Selanjutnya, hal tak boleh ditinggalkan adalah memohon petunjuk Allah dengan cara melakukan shalat istikharah. Lakukan shalat istikharah minimal tiga kali. Setelah dirasa cocok  dan mendapat kemantapan hati, maka sebaiknya segera dilanjutkan ke arah peminangan.

MEMINANG

Peminangan ialah kegiatan kegiatan upaya ke arah terjadinya hubungan perjodohan antara seorang pria dengan seorang wanita. (KHI Bab I Pasal 1). Pada praktiknya, calon pengantin pria datang ke tempat calon mempelai perempuan bersama dengan orangtua mereka untuk menemui wali calon pengantin perempuan.

Calon pengantin pria atau perwakilannya menyampaikan maksudnya bahwa ia bermaksud meminang anak perempuannya untuk membangun rumah tangga. Untuk memutuskan diterima dan tidaknya suatu lamaran, seorang wali harus menanyakan kepada anak perempuannya apakah ia bersedia untuk menerima lamaran itu. Wali dan anaknya bermusyawarah untuk memberikan jawaban kepada calon mempelai pria.

Peminangan belum mempunyai kekuatan hukum. Artinya status antara kedua calon mempelai masih orang lain. Namun demikian, peminangan membatasi orang lain untuk melamar pperempuan yang sama. Nabi bersabda: Rasulullah SAW bersabda: Seorang mukmin adalah saudara bagi mukmin lain. Maka tidaklah halal baginya membeli sesuatu yang hendak dibeli saudaranya hingga ia membatalkan transaksi. Dan tidak halal baginya memingan seorang perempuan yang telah dipinang saudaranya hingga ia melepaskan pinangan itu. (HR Muslim dan Ahmad).

Berapa lama jarak antara peminangan dan pernikahan? Secara hukum tak ada batasan. Namun sebaiknya tidak berselang lama. Prinsipnya lebih cepat lebih baik. Rasulullah SAW bersabda kepada Ali Ra: “Hai Ali, ada tiga perkara yang janganlah kamu tunda-tunda pelaksanaannya, yaitu shalat apabila tiba waktunya, jenazah bila sudah siap penguburannya, dan wanita (gadis atau janda) bila menemukan laki-laki sepadan yang meminangnya.” (HR. Ahmad)

SYARAT NIKAH

Syarat adalah sesuatu yang harus dipenuhi sebelum melakukan satu pekerjaan yang disyaratkan. Syarat utama yang disebutkan nabi adalah al-ba’ah (mampu untuk menikah), sebagaimana dalam sabdanya: Wahai para pemuda, siapa saja diantara kalian yang telah mampu/siap untuk kawin, maka hendaklah dia menikah. Karena dengan menikah itu lebih dapat menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Dan barang siapa yang belum mampu, maka hendaklah dia berpuasa, karena sesungguhnya puasa itu bisa menjadi perisai baginya” (HR. Bukhori-Muslim).

Yang dimaksud mampu dan siap di sini adalah orang yang bersangkutan merasa mampu untuk memenuhi hak dan kewajiban yang timbul setelah menikah. Syarat berikutnya adalah cukup umur. Mengenai umur minimal bagi calon suami istri adalah 19 tahun bagi laki-laki dan 16 tahun bagi perempuan (KHI, pasal 15 Ayat 1). Dengan demikian, nikah di bawah umur tidak sah hukumnya.

Penting untuk saya tambahkan di sini bahwa banyak para ustadz dan kiai kita yang menfatwakan sah menikah dengan anak di bawah umur yang ditetapkan Undang-Undang. Alasan mereka adalah masalah umur ini tidak disebutkan dalam al-Quran maupun al-Hadis.

Jawaban saya adalah: memang benar tidak disebutkan dalam al-Quran dan al-Hadis. Mengapa? Karena Islam itu untuk seluruh umat manusia, sedangkan kedewasaan seseorang antara satu tempat dan tempat lain berbeda-beda.

Jadi batasan umur adalah persoalan teknis yang tak harus ditentukan secara tertulis dalam al-Quran dan al-Hadis. Di sinilah tugas para ulama untuk berijtihad menentukan hukum yang membawa kebaikan, sesuai dengan daerahnya masing-masing.

Batasan umur ini adalah ijitihad ulama Indonesia yang bahkan sudah disahkan sebagai aturan negara. Jadi hukum ini mengikat umat Islam. Untuk konteks Indonesia, batasan umur nikah harus mengikuti apa yang telah ditegaskan dalam KHI, satu-satunya rujukan formal tentang pernikahan dalam Islam.

Secara logika kita juga bisa memahami bahwa ketentuan umur ini jelas dimaksudkan untuk kebaikan dan menikah di bawah umur jelas membawa banyak kemadharatan. Jadi secara logika tak mungkin Islam membiarkan sesuatu yang membawa kemadharatan.

Beberapa buku atau pun ustadz ada yang menyebutkan syarat menikah lebih banyak dari yang saya sebutkan, misalnya: antara calon suami istri itu bukan mahram, perempuannya tida dalam masa iddah, bukan suami/istri orang lain, dan masih banyak lagi.

Penambahan ini tidak jadi soal dan tidak bertentangan dengan yang saya sebutkan di atas. Bedanya, saya hanya mengambil syarat yang paling prinsipil saja, karena beberapa hal yang ditambahkan ini sebenarnya tanpa disebutkan sebagai syarat nikah juga sudah dipahami bahwa dalam kondisi tertentu dilarang untuk menikah.

Makanya beberapa pembahasan memasukkan penambahan ini dalam larangan menikah. Atau dimasukkan pembahasannya dalam masing-masing kasus, misalnya pada masalah iddah, di situ nanti dibahas hal-hal yang dilarang bagi perempuann yang beridah.

Jadi sekali lagi saya menbeutkan syarat yang pokok saja agar mudah dipahami dan tidak tumpang tindih, karena penambahan ini akan dibahas pada bagian tersendiri.

RUKUN NIKAH

Rukun nikah adalah sesuatu yang harus ada atau harus dilakukan pada saat pelaksanaan pernikahan. Rukun nikah ada 6, yaitu:

  1. Ada calon kedua calon pengantin.

Syarat bagi kedua calon pengantin ini disamping syarat yang telah ditentukan dalam syarat nikah adalah keduanya bukan mahram, yaitu orang yang menurut hukum Islam dilarang untuk dinikahi.

Perempuan-perempuan yang haram dinikahi semuanya ada 14 orang sebagaimana dijelaskan dalam surat an-Nisa ayat 22-23, yaitu:

  • Ibu ke atas.
  • Anak-anak perempuan.
  • Saudara perempuan.
  • Bibi dari pihak ayah.
  • Bibi dari pihak ibu.
  • Keponakan perempuan dari saudara laki-laki.
  • Keponakan perempuan dari saudara perempuan.
  • Ibu susuan.
  • Saudara perempuan sepersusuan.
  • Ibu mertua.
  • Anak tiri yang ibunya telah digauli.
  • Memadu saudara perempuan.
  • Ibu tiri.
  1. Wali.

Syarat wali adalah laki-laki dan muslim. Wali terdiri dari empat tingkatan yang satu sama lain tak boleh mendahului (jika masih ada tingkatan pertama, maka tingkatan berikutnya tidak berhak menjadi wali), yaitu:

  • Pertama, kelompok kerabat laki-laki garis lurus ke atas, yakkni ayah, kakek dari pihak ayah dan setersunya ke atas.
  • Kedua, kelompok kerabat saudara laki-laki kandung atau saudara laki-laki seayah, dan keturunan laki-laki mereka.
  • Ketiga, kelompok kerabat paman, yakni saudara laki-laki kandung ayah, saudara seayah dan keturunan laki-laki mereka.
  • Keempat, kelompok saudara laki-laki kandung kakek, saudara laki-laki seayah dan keturunan laki-laki mereka.
  1. Dua orang saksi

Syarat saksi adalah laki-laki dan muslim. Saksi harus paham dengan bahasa yang digunakan dalam ijab kabul. Jika ijab Kabul dilaksanakan dengan bahasa Arab misalnya, maka saksi tersebut juga harus paham bahasa Arab, dan setersunya.

  1. Ijab Kabul.

Ijab adalah ucapan dari wali atau yang mewakilinya. Sedangkan kabul adalah ucapan penerimaan dari pihak mempelai laki-laki. Secara detail, kalimat ijab Kabul adalah sebagai berikut:

Ijab :

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ – اَسْتَغْفِرُ الله الْعَظِيْمِ –  اَشْهَدُ اَنْ لآاِلَهَ اِلاَّالله ُ- وَ اَشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

(Istighfar dibaca 3 kali)

SAUDARA/ANANDA _________________ BIN________________

SAYA NIKAHKAN DAN SAYA KAWINKAN ENGKAU DENGAN _____________________YANG BERNAMA :_______________________

DENGAN MASKAWIN BERUPA : ______________________, TUNAI.

           

Qobul :

SAYA TERIMA NIKAH DAN KAWINNYA

_______________ BINTI _______________

DENGAN MASKAWIN YANG TERSEBUT TUNAI.

  1. Mahar

Mahar adalah pemberian pengantin laki-laki untuk pengantin perempuan. Filosofi mahar adalah simbol kemampuan seorang pria untuk menafkahi istri dan keluarganya. Namun demikian, prinsip utama mahar adalah tidak memberatkan mempelai pria dan diterima oleh pengantin perempuan.

  1. Pencatatan.

Dalam konteks sekarang ini, pencatatan adalah bagian penting dari pernikahan. Pernikahan yang tak dicatat tidak mempunyai kekuatan hukum, illegal, dan tidak sah.

RESEPSI PERNIKAHAN

Resepsi pernikahan hukumnya sunah, sebagaimana sabda Nabi:  Selenggarakanlah walimah walaupun hanya dengan seekor kambing. Dari Aisyah, dari Nabi SAW, bersabda: umumkanlah pernikahan, langsungkanlah di masjid-masjid dan meriahkanlah dengan memukul rebana (HR. Tirmidzi dan Hakim).

Prinsip dalam menyelenggarakan walimatul ursy adalah:

  1. Tidak mendatangkan madharat (sesuatu yang tercela/kemaksiatan).
  2. Tidak melakukan pemborosan.
  3. Tidak menghidangkan makanan haram.
  4. Hendaknya mengundang fakir miskin untuk turut pesta.

About Mr Tohirin

Check Also

Poligami dalam Islam

PENDAHULUAN Poligami sering disalahpahami oleh masyarakat kita. Sebagian ada yang menganjurkan poligami dengan alasan sunah …

41 comments

  1. Nadia Fitri Sawal

    assalamualaikum warrohmatullah wabarakatuh,mohon maaf saya ingin bertanya pak.. ini kisah kakak perempuan saya, bagaimana hukumnya jika sudah menikah tetapi sudah pisah ranjang selama 2 bulan, dan suaminya tidak menafkahi atau menjenguk anaknya yang sekarang tinggal di rumah orang tua perempuannya. sementara itu, mereka selama pernikahannya memang tidak direstui oleh pihak perempuan,jdi banyak perselisihan dalam rumah tangga nya, apa tindakan yang harus diambil? terima kasih

    • Waalaikum salam
      Setelah menikah, sebaiknya tinggal mandiri. Apalagi jika orangtua suka turut campur yang membuat masalah. Biar ngontrak tidak apa. Kalau ada masalah nantinya juga supaya lebih cepat bisa diatasi. Kuncinya adalah kepada pasangan suami istri tersebut, bukan pada orangtuanya. Mesti dicaritahu akar masalahnya kenapa sehingga jelas pula solusinya. Jika suami tak memberi nafak hingga 3 bulan berturut-turut, istri bisa gugat cerai.

  2. I have noticed you don’t monetize your blog,
    don’t waste your traffic, you can earn additional bucks every month.

    You can use the best adsense alternative for any
    type of website (they approve all websites), for more info simply search in gooogle:
    boorfe’s tips monetize your website

  3. I got this web page from my pal who informed me concerning this site and
    now this time I am visiting this site and reading very informative articles or reviews at this place.

  4. Hi there, everything is going fine here and ofcourse every
    one is sharing facts, that’s actually excellent,
    keep up writing.

  5. Excellent post. I was checking constantly this blog and I am
    impressed! Extremely useful info specifically the last part :
    ) I care for such info a lot. I was looking for this particular info for a very long time.
    Thank you and best of luck.

  6. Hi there it’s me, I am also visiting this web page on a regular
    basis, this website is truly nice and the people are truly sharing fastidious thoughts.

  7. Thank you for the good writeup. It in truth was once a entertainment account
    it. Glance advanced to more added agreeable from you!
    However, how could we communicate?

  8. It’s hard to come by knowledgeable people on this topic,
    however, you sound like you know what you’re talking about!

    Thanks

  9. This design is incredible! You obviously know how to keep a reader amused.
    Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog
    (well, almost…HaHa!) Fantastic job. I really loved what you had to say, and
    more than that, how you presented it. Too cool!

  10. Thanks for a marvelous posting! I quite enjoyed reading
    it, you might be a great author.I will make sure to bookmark
    your blog and will often come back in the foreseeable future.
    I want to encourage continue your great work, have a nice morning!

  11. Greetings I am so grateful I found your weblog, I really
    found you by error, while I was searching on Google for something else, Anyways
    I am here now and would just like to say cheers for a fantastic post and a all round
    exciting blog (I also love the theme/design),
    I don’t have time to read it all at the minute but I have book-marked it and also added in your RSS feeds, so when I have time
    I will be back to read a lot more, Please do keep up the
    great job.

  12. It’s nearly impossible to find educated people on this subject, but you
    seem like you know what you’re talking about! Thanks

  13. Hi. I see that you don’t update your blog too often. I
    know that writing articles is time consuming and boring.
    But did you know that there is a tool that allows you to create
    new posts using existing content (from article
    directories or other pages from your niche)? And
    it does it very well. The new posts are unique and
    pass the copyscape test. Search in google and try:
    miftolo’s tools

  14. At this time I am ready to do my breakfast, once having my breakfast coming yet again to
    read additional news.

  15. Appreciation to my father who informed me about this website, this blog
    is actually remarkable.

  16. Heya i am for the first time here. I came across this board and I find
    It really useful & it helped me out a lot.
    I hope to give something back and help others like you aided me.

  17. Hello there! Would you mind if I share your blog with my facebook
    group? There’s a lot of people that I think would really enjoy your content.
    Please let me know. Thank you

  18. If you are going for best contents like I do, simply pay a quick visit this
    web site all the time since it provides quality contents, thanks

  19. I do agree with all of the concepts you’ve offered in your post.
    They are really convincing and can definitely work.
    Still, the posts are too brief for novices. May you please lengthen them a bit from next time?
    Thank you for the post.

  20. I got this web page from my pal who told me about this site and now this time I am visiting
    this web page and reading very informative posts
    here.

  21. SUQQU 【底妝系列】晶采光感粉餅SPF20PA++ LUCENT POWDER FOUNDATION的商品介紹 SUQQU,底妝系列,晶采光感粉餅SPF20PA++ LUCENT POWDER FOUNDATION

  22. Oh my goodness! Amazing article dude! Thanks, However I am
    experiencing issues with your RSS. I don’t know
    why I am unable to subscribe to it. Is there anybody else getting
    the same RSS problems? Anyone who knows the answer can you kindly respond?
    Thanx!!

  23. You are so interesting! I do not suppose I have read through anything like this before.
    So wonderful to discover somebody with unique thoughts on this
    subject matter. Seriously.. many thanks for starting this up.

    This web site is one thing that is needed on the internet, someone with
    a bit of originality!

  24. What i don’t realize is in reality how you are no longer
    actually much more smartly-favored than you may be right now.
    You are very intelligent. You recognize thus significantly
    in relation to this subject, produced me in my opinion consider it from so many numerous
    angles. Its like women and men don’t seem to be interested until it’s something to do with Girl gaga!
    Your individual stuffs excellent. All the time handle it up!

  25. Descargar facebook
    I all the time used to study paragraph in news papers but now as I
    am a user of internet therefore from now I am using net for articles or reviews, thanks to web.

    Descargar facebook

  26. I’ve read some good stuff here. Certainly worth bookmarking for revisiting.
    I wonder how much attempt you put to create this kind of magnificent informative
    web site.

  27. Hey! I understand this is kind of off-topic but I needed to ask.
    Does running a well-established blog such as yours require a massive amount work?

    I’m completely new to writing a blog however I do write in my journal every day.
    I’d like to start a blog so I can share my own experience and feelings online.
    Please let me know if you have any ideas or tips for new aspiring bloggers.
    Thankyou!

  28. First of all I would like to say wonderful blog!
    I had a quick question in which I’d like to ask if you do not mind.

    I was interested to know how you center yourself and clear your thoughts prior to writing.
    I have had difficulty clearing my thoughts in getting my thoughts out there.

    I do enjoy writing but it just seems like the first 10
    to 15 minutes are usually lost simply just trying to figure out how to begin. Any suggestions or hints?
    Thank you!

  29. I am no longer positive where you’re getting your info, however great topic.
    I must spend some time learning much more or understanding more.

    Thanks for excellent info I was on the lookout for this information for my
    mission.

  30. Thank you for the good writeup. It actually was a leisure account it.
    Look complicated to more delivered agreeable
    from you! By the way, how can we keep in touch?

  31. Hi colleagues, how is the whole thing, and what you
    wish for to say regarding this paragraph, in my view its genuinely amazing in favor of
    me.

  32. Excellent post. I’m facing some of these issues as well..

  33. For most recent news you have to pay a visit the web and on world-wide-web I found this
    web site as a finest web page for newest
    updates.

  34. Have you ever thought about publishing an e-book or guest authoring on other sites?
    I have a blog based on the same ideas you discuss and would
    really like to have you share some stories/information. I know
    my subscribers would value your work. If you’re even remotely interested, feel free to shoot me
    an e mail.

  35. Magnificent beat ! I wish to apprentice whilst you amend
    your web site, how could i subscribe for a blog site?
    The account helped me a applicable deal. I have been a little bit acquainted of this your broadcast provided
    bright transparent idea

  36. Sling tv coupons and promo codes for november 2018
    This design is wicked! You definitely know how to keep a reader entertained.
    Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Excellent job.
    I really enjoyed what you had to say, and more than that,
    how you presented it. Too cool! Sling tv coupons and promo codes for november 2018

  37. Hurrah! At last I got a web site from where I know how to actually get valuable data regarding my study
    and knowledge.

  38. I truly love your blog.. Great colors & theme. Did you make this web site yourself?

    Please reply back as I’m trying to create my very own website and would like to learn where
    you got this from or exactly what the theme is named.

    Thank you!

  39. Good respond in return of this query with genuine arguments and describing all on the
    topic of that.

  40. I enjoy looking through a post that will make men and women think.
    Also, many thanks for allowing me to comment!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *