Home / Kisah Inspiratif / Guru Shaolin dan Wanita Cantik

Guru Shaolin dan Wanita Cantik

Alkisah, ada seorang guru shaolin yang sangat alim menjaga perilakunya. Ia mempunyai seorang murid. Kepada sang murid satu-satunya inilah ia menurunkan mengajarkan semua ilmunya, termasuk ajaran perilaku sehari-hari yang penuh dengan etika.

Pada suatu hari, sang guru mengajak muridnya untuk menuju suatu tempat untuk memberikan ilmu khusus. Mereka melewati sungai yang airnya cukup deras.

Saat mereka akan menyeberang, tiba-tiba seorang wanita cantik memanggil-manggil mereka. “Tolong saya tuan-tuan, saya hendak menyebarang juga. Dari tadi saya menunggu orang lewat,” tutur wanita itusantun.

Si murid terbelalak melihat kecantikan wanita itu.

”Boleh saya minta tolong sama tuan untuk menyeberangkan saya?” “Mari,” jawab guru shaolin yang langsung menggendong wanita itu.

Si murid terbelalak melihat kelakuan gurunya. “Huh! Guru yang demikian saya kagumi, ternyata…,” batin si murid jengah. Tapi ia tak berani protes. Ia mengikuti sang guru dari belakang sambil menatap wanita cantik itu.

Sampai di seberang guru shaolin menurunkan lepaskan pegangan tangannya. Wanita itu mengucapkan terima kasih. Sang guru pun melanjutkan perjalanan seperti tak terjadi apa-apa.

Si murid mengikuti dengan muka bersungut-sungut. Ia masih berang dengan kelakuan gurunya. Namun disamping itu, jujur saja, ia juga masih terbayang-bayang dengan wanita itu.

Setelah sekian lama berjalan, akhirnya sang murid tidak tahan lagi.

”Guru, selama ini aku mengagumi guru. Guru adalah panutanku. Tapi mengapa guru melanggar pantangan shaolin di depan mataku?” protes sang murid.

“Pantangan yang mana yang kulanggar?”

Si murid makin geram dengan sikap gurunys yang pura-pura tak tahu.

“Guru, tadi kan guru menggendong wanita cantik. Apa itu bukan pantangan shaolin?”

“Benarkah dia cantik?”

Sang murid makin berang dengan sikap gurunya itu.

“Guru, mataku ini tidak buta. Siapa yang tak mau menggendongnya? Saya pun mau!”

“Oh, begitu rupanya. Dengarkan, di mataku di bukan wanita cantik. Malah aku sendiri tak begitu persis apakah tadi wanita atau laki-laki. Di mataku dia adalah seorang yang membutuhkan pertolongan. Disamping itu aku hanya menggendongnya sesaat. Tapi kau terus menggendongnya dalam pikiranmu. Jadi sebenarnya siapa yang melanggar pantangan shaolin.”

Sang murid tertunduk malu.[]

About Mr Tohirin

Check Also

Kaya Membawa Sengsara

Alkisah, ada seorang pemuda hidup dengan bergelimang harta kekayaan warisan dari orangtuanya. Hidup bertabur harta …

2 comments

  1. You made some good points there. I did a search on the issue and found most people will consent with your site.

  2. I hope you all are having a great weekend. I have a new list for you. Read the latest update on how I compiled the list. I’m still surprised by the results.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *