Home / Muamalah / Dunia Modern dan Dampaknya terhadap Institusi Keluarga

Dunia Modern dan Dampaknya terhadap Institusi Keluarga

 PENDAHULUAN

Era modern telah membawa berbagai pengaruh dalam kehidupan manusia. Termasuk di dalamnya pengaruh dalam kehidupan keluarga. Bentuk dan peran keluarga kini telah berubah seiring dengan berubahnya budaya masyarakat.

Harus diakui bahwa era modern telah membawa beberapa manfaat bagi kehidupan. Namun demikian, di balik itu juga membawa serta hal-hal negatif yang mengancam manusia.

Karenanya, penting kiranya kita pahami hal-hal negatif ini agar kita senantiasa waspada dan menjaga diri dari hal-hal yang tak diinginkan. Apakah tidak ada sisi positifnya? Tentu saja ada.

Tapi pada pembahasan kali ini kita akan fokus pada problematika, pada sisi negatifnya. Diharapkan ini dapat menjadi warning agar kita hati-hati. Agar kita tidak terjebak dan dapat mengantisipasi hal tersebut.

PERNIKAHAN DALAM PERSPEKTIF MASYARAKAT MODERN

Sebelum saya menjelaskan lebih jauh tentang pandangan masyarakat modern terhadap pernikahan, terlebih dahulu saya ini memaparkan beberapa kasus sebagai berikut. Coba teman-teman baca dengan cermat dan berikan penilaian.

Pertama, Asosiasi Perencanaan Keluarga Jepang (JFPA) menemukan fakta bahwa akhir-akhir ini anak muda Jepang semakin enggan menikah. Survei 2011 menunjukkan bahwa 61% pria dan 49% wanita berusia 18-34 tahun tidak menikah. Lalu survei tahun 2013 untuk wanita yang berusia 16-24 tahun, sebanyak  45% tidak berminat menikah.

Menikah, apalagi punya anak dianggap  merepotkan. Menikah membuat orang menjadi terikat dan kehilangan kebebasan. Apalagi bagi kaum wanita. Mereka lebih mementingkan karir dan hidup menyendiri.

Meski bukan berarti mereka tidak melakukan kontak dengan lawan jenis (hubungan seksual). Bagi mereka lebih mudah berhubungan seksual di luar ikatan pernikahan.

Kedua, di beberapa negara Barat, kumpul kebo (cohabitation) menjadi sesuatu yang lumrah. Sebagian ada yang berlanjut ke pernikahan.Tapi sebagian yang lain ada yang sekedar kumpul kebo saja.

Pada akhir tahun 60-an, di Amerika Serikat tercatat hanya 6% pasangan yang tinggal serumah sebelum menikah. Kemudian pada tahun 90-an naik menjadi 70% dari wanita Barat telah tinggal bersama sebelum menikah untuk pertama kalinya.

Hal ini menyebabkan menurunnya angka pernikahan. Sementara itu di sisi lain angka kelahiran di luar nikah naik. [Adrian Thatcher, LivingTogether And Christian Ethics, (New York,Cambridge University Press, 2003), 4].

Di Swedia lebih dari 85% pasang telah melakukan kumpul kebo sebelum mereka menikah, di Prancis 75%, Jerman Barat sebanyak 50%, dan Jerman Timur sebanyak 40%. [ TizianaNazio, Cohabitation, FamilyandSociety, (New York: Routledge, 2008), 162].

Ketiga, beberapa negara berikut telah melegalkan nikah sejenis. Negara-negara tersebut adalah Jerman, Amerika Serikat, Brazil Prancis, Selandia Baru, Denmark, Spanyol, Kanada, Belanda [Serambinews.com,TribunWow.com].

Nah, setelah membaca hal di atas, apa yang teman-teman pikirkan? Institusi pernikahan sedang dalam ancaman, telah terjadi pergeseran cara pandang terhadap institusi pernikahan. Tepat sekali. Memang itulah yang tengah dan sedang terjadi.

Hal-hal di atas bukan tidak mungkin akan terjadi di Indonesia jika tidak diantisipasi secara dini. Sebagai buktinya adalah munculnya komunitas lesbi dan gay yang mulai dengan terang-terangan menuntut hak mereka untuk diakui.

Kasus di atas yang notabene terjadi di negara-negara modern sesungguhnya merepresentasikan pandangan dunia modern terhadap pernikahan. Berdasarkan beberapa kasus di atas, kita dapat menyimpulkan beberapa hal terkait dengan pandangan dunia modern terhadap pernikahan.

Pertama, menikah adalah mutlak hak asasi, bukan seruan agama. Karena itulah bagi mereka menikah hanyalah soal pilihan individu. Bahkan dalam beberapa hal, menikah dianggap merepotkan karena dituntut adanya komitmen serta hak dan kewajiban tertentu.

Kedua, hubungan seksual juga merupakan hak asasi. Penyaluran seksual adalah semata-mata tuntutan hasrat biologis yang tujuannya sekedar pemuasan hawa nafsu (just to fun). Karena itu juga tidak selalu membutuhkan pernikahan. Orang bisa berhubungan badan dengan lawan jenis atas dasar suka sama suka.

Ketiga, hidup bersama tanpa pernikahan (cohabitation/kumpul kebo) dianggap sebagai hal yang baik sebagai pendahuluan pernikahan (trial marriage). Bahkan dianggap sebagai bentuk hidup bersama yang paling demokratis dan sesuai dengan hak asasi.

Keempat, bentuk-bentuk ideal keluarga/hidup bersama tidaklah harus terdiri dari suami istri dan anak. Tapi bisa saja ayah ibu tanpa anak, hanya ibu dan anak, atau ayah dan anak, bahkan sesama jenis. Karena itulah di beberapa negara di atas melegalkan nikah sesama jenis. Sebab dengan melarangnya berarti melanggar hak asasi manusia.

PROBLEMATIKA KELUARGA DALAM MASYARAKAT MODERN

Pengaruh modernisasi merambah ke seluruh penjuru dunia. Globalisasi dan makin berkembangnya teknologi informasi membuat pertukaran informasi demikian cepat. Ibn Khaldun, sosiologi besar muslim, mengatakan bahwa peradaban yang lemah cenderung meniru/mengikuti peradaban yang kuat.

Inilah yang terjadi saat ini. Dunia modern dengan berbagai corak paham dan budayanya kemudian menyebar dan cenderung ditiru oleh negara-negara lain. Negara modern yang superior dianggap sebagai contoh terbaik yang harus diikuti atau setidaknya membawa pengaruh besar terhadap negara-negara berkembang/tertinggal.

Demikian juga dalam masalah keluarga. Modernisasi dengan berbagai cara pandang dan budayanya juga telah mempengaruhi cara pandang dan perilaku keluarga di negara kita, bahkan di seluruh dunia. Berbagai problem keluarga yang muncul akibat modernisasi ini adalah sebagai berikut.

Pertama, melemahnya peran keluarga. Peran keluarga kini telah banyak diambil alih oleh pranata dunia modern. Peran pendidikan telah diambil oleh institusi pendidikan. Peran hiburan telah diambil oleh media-media hiburan modern, oleh bioskop, game, dan lain-lain.

Kedua, hubungan komunikasi antar anggota keluarga juga melemah. Orang modern terjebak dalam kesibukan kerja dan tuntutan karir sehingga intensitas berkumpul dengan keluarga semakin kurang.

Hal ini diperparah dengan hadirnya berbagai macam gadget canggih yang membuat satu sama lain jarang berkomunikasi karena sibuk dengan gadget masing-masing.

Ketiga, perselingkuhan semakin mudah dilakukan. Hal ini salah satunya disebabkan oleh hadirnya berbagai alat kontrasepsi modern yang membuat seseorang dapat berhubungan dengan orang lain tanpa harus ketakutan terjadinya kehamilan. Hal ini diperparah dengan makin merebaknya pergaulan bebas diantara lawan jenis.

Keempat, problem wanita karir. Seringkali terjadi antara suami dan istri sama-sama bekerja. Hal ini bukannya dilarang. Karena sama-sama kerja, maka urusan rumah tangga/domestik seringkali terabaikan.

Kondisi suami dan istri yang sama-sama sudah kelelahan dengan pekerjaan juga seringkali menjadi pemicu masalah.  Karenanya, perlu untuk dipahami dengan baik apa sesungguhnya hak dan kewajiban masing-masing sehingga prioritas masing-masing menjadi jelas.

AKAR PROBLEMATIKA  KELUARGA MODERN

Berbagai problem di atas adalah problem yang khas. Problem yang muncul karena adanya arus dunia modern. Karena itulah penting kiranya untuk memahami apa sesungguhnya dunia modern dan kenapa kemudian membawa berbagai dampak negatif.

Definisi dunia modern jika melihat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia didefinisikan dengan cara hidup yang sesuai dengan tuntutan jaman. Jika berpatokan pada definisi ini sepertinya memang tidak ada masalah.

Tapi jika kita melihat lebih jauh kepada akar sejarah dan berbagai ideologi yang ada di dalamnya maka kita akan segera tau akar masalahnya. Bukan berarti kita hendak menolak modernisasi.Tapi agar kita waspada terutama terhadap berbagai hal negatif yang ada di dalamnya.

Jika melihat akar sejarahnya, dunia modern muncul dari semangat penentangan terhadap agama. Dunia modern bermula dari pertentangan antara ilmuwan Barat dan agama Kristen. Di  masa itu, dunia Barat didominasi oleh Kristen Katolik yang secara doktrin berlawanan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Pemikiran dan temuan para ilmuwan banyak diantaranya dianggap bertentangan dengan doktrin gereja. Bagi mereka yang menentang gereja, maka diberikan hukuman yang sengat kejam yang dikenal dengan inkuisisi.

Para ilmuwan terus berjuang sehingga kemudian memenangkan peradaban. Lahirlah jaman modern yang salah satu ciri utamanya saat itu adalah benci terhadap agama. Karena hal inilah maka kita menjadi paham jika banyak cara pikir dari perilaku yang konon modern bertentangan dengan agama.

Dengan melepaskan diri dari agama, maka dunia modern kemudian membuat prinsip lain sebagai pedoman hidup. Prinsip-prinsip inilah kemudian yang berdampak pada cara perilaku dan budaya modern, termasuk pada masalah keluarga.

Beberapa prinsip dasar yang menjadi karakter dunia modern adalah:

Pertama, materialisme. Matarialisme adalah paham yang meyakini bahwa seluruh kehdiupan ini hanya terdiri dari materi. Materialisme menolak sesuatu yang gaib, termasuk Tuhan. Dari prinsip pertama inilah kemudian lahir prinsip-prinsip turunannya, prinsip kedua, ketiga, dan seterusnya.

Kedua, antroposentrisme. Antroposentrisme adalah paham yang meyakini bahwa manusia adalah pusat dan penentu segala hal dalam kehidupan ini.

Setelah menolak yang gaib (materialisme), menolak Tuhan yang pada pemahaman agama adalah penentu segala hal. Maka perlulah ada penggantinya. Siapa penggantinya? Manusia itu sendiri. Itulah paham antroposentrisme.

Ketiga, rasionalisme. Setalah menunjuk manusia sebagai pengganti Tuhan (antroposentrisme), maka kini diperdalam lagi. Manusia itu inti utamanya adalah pada akalnya. Karena itulah kemudian muncul paham rasionalisme. Rasionalisme adalah paham yang meyakini bahwa akal manusia adalah penentu kebenaran.

Keempat, liberalisme. Liberalisme adalah keyakinan bahwa pada prinsipnya manusia itu bebas. Sebab memang dialah “Tuhan” kehidupan tadi. Kebebasan inilah yang nantinya menjadi salah satu dasar prinsip hak asasi manusia.

Kelima, hedonisme. Nah, sekarang tinggal menentukan tujuan hidup. Karena paham ini tidak percaya pada hal-hal gaib, maka tujuan hidup adalah dunia.Tujuan hidup adalah kesenangan dunia atau yang disebut dengan hedonisme.

Nah, kini lengkap sudah prinsip-prinsip yang dibangun. Mulai dari prinsip dasar hingga tujuan akhirnya. Dari kelima hal pokok inilah kemudian lahir beberapa turunanya.

Lahir anak cucunya. Anak cucunya ini antara lain adalah permisivisme, individualisme, konsumerisme, dan lain-lain.

Mari kita sekarang kembali pada problematika keluarga. Secara kasat mata mungkin kita tidak melihat hubungannya dengan kelima prinsip ini.Tapi jika sesungguhnya kelima hal ini adalah muara dasarnya. Prinsip-prinsip dasar yang kemudian memunculkan berbagai problem yang berkaitan dengan dunia modern.

KESIMPULAN

Memperhatikan pemaparan di atas, maka dapat disimpulkan beberapa hal penting sebagai berikut:

  1. Dunia modern telah merubah daya hidup manusia, termasuk dalam masalah keluarga. Kehadiran dunia modern membawa serta persoalan yang mengancam kehidupan keluarga.
  2. Dunia modern memandang pernikahan sebagai transaksi individual antara dua orang yang didasarkan atas hak asasi manusia, bukan anjuran agama. Karenanya, hidup berpasangan adalah pilihan belaka. Bahkan tidak harus pula berpasangan dengan lawan jenis.
  3. Materialisme, antroposentrisme, rasionalisme, liberalisme, dan hedonsime adalah lima prinsip dasar dunia modern yang dalam banyak hal membawa pengaruh negatif terhadap kehidupan keluarga.

About Mr Tohirin

Check Also

Poligami dalam Islam

PENDAHULUAN Poligami sering disalahpahami oleh masyarakat kita. Sebagian ada yang menganjurkan poligami dengan alasan sunah …

43 comments

  1. Dari kelompok 1 2C muamalah
    Bagaimana caranya agar kita tidak terjerumus ke hal-hal negatif seperti melakukan perbuatan zina?

  2. Nadia Fitri Sawal

    assalamualaikum warrohmatullah wabarakatuh, saya nadia fitri sawal kelompok 1 dari kelas 2c akuntansi, mohon maaf pak saya mau bertanya, sekarang ini banyak yang berkomunikasi dan mendapatkan informasi melalui aplikasi di handphone salah satunya whatsapp, bagaimana cara agar kita tidak terpengaruh atau kecanduan dalam menggunakan handphone? dan satu kasus lagi tentang ponakan saya yang berusia 6 tahun sudah candu dengan gadget.
    Banyak pro-kontra seputar game. Ada yang bilang pro dengan alasan dapat membantu anak mengembangkan strategic thinking yang baik. Benarkah demikian? Usia berapa yang direkomendasikan? Ada juga yang kontra dengan alasan dapat membuat ketagihan dan merusak otak. Sebaiknya bagaimana? terima kasih.

    • Waalaikum salam
      Berlepas dari teknologi tentu sulit, bahkan saya kira tidak bisa. Jadi tinggal bagaimana kita mengarahkannya untuk hal-hal yang baik. Jika itu terjadi pada anak, maka alihkan perhatian mereka dengan hal lain yang mereka sukai.

  3. Yudha Dwi Heryanti

    Kelompok 1 (2C Akuntansi)
    Mata kuliah: Muamalah

    Bagaimana cara mengatasi problematika keluarga akibat dari dunia modern saat ini?

    • Waalaikum salam
      Tanamkan nilai agama dalam keluarga kita. Pahami dunia modern secara baik, ambil manfaatnya dan hindari bahayanya.

  4. Assalamualikum, Setelah mengetahui problematika yang terjadi akibat berkembangnya dunia modern apa yang harus kita lakukan untuk mengubah perspektif mereka menjadi sebagaimana seharusnya pernikahan dilihat? Terima kasih.

    • Waalaikum salam
      Berdakwah. Lakukanlah dakwah untuk menyadarkan semua orang. Dakwah dengan cara yang cerdas dan kreatif, sesuai dunia modern.

  5. I do not even know how I ended up right here, but I assumed this put
    up was once great. I don’t recognize who you’re but certainly you’re going to a famous blogger for those who are not already.
    Cheers!

  6. Why viewers still use to read news papers when in this technological globe everything is presented on net?

  7. continuously i used to read smaller articles which
    as well clear their motive, and that is also happening with this
    piece of writing which I am reading here.

  8. Right now it looks like Movable Type is the preferred blogging platform out there
    right now. (from what I’ve read) Is that what you’re using
    on your blog?

  9. Greetings I am so thrilled I found your webpage, I really found you by error, while
    I was researching on Digg for something else, Nonetheless I am here now and would just
    like to say thank you for a fantastic post and a all round enjoyable blog (I also
    love the theme/design), I don’t have time to look over it all at the minute but I have saved it and also added
    your RSS feeds, so when I have time I will be back to read more, Please
    do keep up the great job.

  10. Woah! I’m really enjoying the template/theme of this blog.

    It’s simple, yet effective. A lot of times it’s challenging to get
    that “perfect balance” between superb usability and appearance.
    I must say you have done a excellent job with this.
    Also, the blog loads extremely quick for me on Chrome.
    Excellent Blog!

  11. I like the valuable info you provide in your articles. I’ll
    bookmark your blog and check again here regularly. I am quite certain I will learn a lot of new
    stuff right here! Good luck for the next!

  12. An impressive share! I’ve just forwarded this onto a coworker who was conducting a little
    homework on this. And he actually bought me lunch simply because I discovered it
    for him… lol. So allow me to reword this…. Thank YOU for the meal!!
    But yeah, thanx for spending the time to discuss this matter here on your web site.

  13. Heya! I just wanted to ask if you ever have any issues with hackers?
    My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing months of hard work due to no backup.
    Do you have any solutions to prevent hackers?

  14. Greetings! Very useful advice within this post!
    It is the little changes that will make the greatest changes.
    Thanks a lot for sharing!

  15. I really like reading through an article that can make people think.
    Also, thank you for permitting me to comment!

  16. Hello, Neat post. There’s a problem together with your site in web
    explorer, may test this? IE nonetheless is the marketplace leader and a large component of
    other people will miss your magnificent writing because of this problem.

  17. you’re in reality a excellent webmaster. The website loading speed is incredible.
    It seems that you are doing any distinctive trick. In addition, The contents are masterpiece.

    you have performed a wonderful activity in this topic!

  18. Appreciation to my father who told me about this webpage, this web site is in fact remarkable.

  19. It’s an awesome piece of writing designed for all the online visitors;
    they will obtain benefit from it I am sure.

  20. Touche. Great arguments. Keep up the great effort.

  21. M.A.C 【底妝產品】亮白防曬兩用粉餅SPF20PA+ Lightful Protective Foundation的商品介紹 M.A.C,底妝產品,亮白防曬兩用粉餅SPF20PA+ Lightful Protective Foundation

  22. Hmm is anyone else having problems with the pictures on this blog loading?

    I’m trying to find out if its a problem
    on my end or if it’s the blog. Any suggestions would be
    greatly appreciated.

  23. Everyone loves what you guys are up too.
    This kind of clever work and coverage! Keep up the very good works guys I’ve
    you guys to my personal blogroll.

  24. Your mode of telling everything in this article is truly pleasant, all can without difficulty understand it, Thanks a lot.

  25. Hi would you mind letting me know which webhost you’re working with?

    I’ve loaded your blog in 3 different web browsers
    and I must say this blog loads a lot faster then most. Can you recommend a good web
    hosting provider at a fair price? Thanks a lot, I appreciate it!

  26. I needed to thank you for this great read!!

    I absolutely enjoyed every little bit of it.
    I have got you book-marked to check out new stuff you post…

  27. Quest bars cheap fitnesstipsnew1 quest bars cheap 516999410492780544
    quest bars cheap
    It’s a shame you don’t have a donate button! I’d certainly
    donate to this brilliant blog! I suppose for now i’ll settle for bookmarking and adding your RSS feed to my Google account.
    I look forward to brand new updates and will share this website with
    my Facebook group. Chat soon! Quest bars cheap fitnesstipsnew1 quest bars cheap 516999410492780544 quest bars
    cheap

  28. Wow, this piece of writing is pleasant, my sister is analyzing these kinds of things,
    so I am going to let know her.

  29. Way cool! Some extremely valid points! I appreciate you writing
    this post and the rest of the website is really good.

  30. Heya! I just wanted to ask if you ever have any problems with hackers?
    My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing several weeks
    of hard work due to no back up. Do you have any solutions to stop
    hackers?

  31. Pedro Caixinha has told Barrie McKay he will have to bide his time before receiving a fresh contract offer. The Rangers boss praised the McKay’s recent form but wants a greater level of output. Rangers boss Pedro Caixinha warns Barrie McKay he must wait before receiving a new contract offer

  32. An impressive share! I’ve just forwarded this onto a colleague who had been doing a little research on this.

    And he in fact bought me lunch because I discovered it for him…
    lol. So let me reword this…. Thank YOU for the meal!!

    But yeah, thanks for spending time to talk about this subject here on your web page.

  33. Terrific article! This is the kind of info that are meant to be shared around the web.
    Disgrace on Google for not positioning this submit higher!
    Come on over and visit my web site . Thank you =)

  34. It’s going to be end of mine day, however before end I am reading this fantastic post to improve my experience.

  35. My brother suggested I would possibly like this web site.

    He was once entirely right. This put up actually made my day.

    You can not believe simply how a lot time I had spent for
    this info! Thanks!

  36. Magnificent goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and
    you’re just extremely great. I really like what you have acquired here,
    really like what you are stating and the way in which you say it.
    You make it entertaining and you still take care of to keep it sensible.
    I can not wait to read much more from you. This is actually a great
    web site.

  37. Hi there! I know this is kinda off topic however
    I’d figured I’d ask. Would you be interested in trading links
    or maybe guest authoring a blog article or vice-versa?

    My site goes over a lot of the same topics as yours and I feel we could greatly benefit from
    each other. If you happen to be interested feel free to shoot me
    an e-mail. I look forward to hearing from you! Great blog by the way!

  38. Hi, i feel that i noticed you visited my web site thus i came to return the favor?.I am trying to in finding issues
    to enhance my site!I suppose its ok to make use of a few of your ideas!!

  39. Thanks , I’ve just been searching for info approximately this topic for a long time and yours is the greatest I have
    found out so far. But, what concerning the bottom line?
    Are you positive about the supply?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *