Home / Ibadah / Cara Membersihkan Hadats Besar

Cara Membersihkan Hadats Besar

Sebagaimana hadats kecil, hadats besar juga kotoran yang tak tampak. Kita tidak tahu di mana letak hadats besar dalam tubuh kita. Karenanya tak tau pula kita cara membersihkannya kecuali ada petunjuk dari Allah dan RasulNya. Karena itu pula tatacara membersihkan/mensucikan hadats besar adalah termasuk ibadah mahdhah yang secara praktik harus mengikuti apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Namun demikian kita diberitahu penyebabnya. Penyebab yang membuat tubuh kita mengandung kotoran yang disebut hadats besar. Ada 4 hal yang membuat seseorang mempunyai hadats besar dalam dirinya:

  1. Karena berhubungan badan (baik keluar air mani atau pun tidak).
  2. Karena keluar mani.
  3. Karena haid.
  4. Karena nifas.

Jika seseorang mengalami salah satu dari 4 hal ini, maka di dalam dirinya terkandung hadats besar.

Bagaimana cara membersihkan kotoran yang bernama hadats besar ini? Cara membersihkan hadats besar adalah mandi khusus untuk membersihkan hadats besar yang disebut dengan mandi janabah atau mandi junub.

Tatacara paling minimal dalam mandi janabah adalah: (1) niat menghilangkan hadats besar karena Allah dengan membaca basmallah, (2) menyiramkan air ke seluruh tubuh.

Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW:

إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ

Artinya: “Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya.” (HR. Bukhari no. 1 dan Muslim no. 1907)

ثُمَّ يُفِيضُ الْمَاءَ عَلَى جَسَدِهِ كُلِّهِ

Artinya: “Kemudian beliau mengguyur air pada seluruh badannya.” (HR. An Nasa-i no. 247. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Namun jika kita ingin menyempurnakan mandi janabah, sebagaimana Rasululah SAW juga melakukan hal ini, maka tatacaranya sebaagai berikut:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اغْتَسَلَ مِنْ الْجَنَابَةِ يَبْدَأُ فَيَغْسِلُ يَدَيْهِ ثُمَّ يُفْرِغُ بِيَمِينِهِ عَلَى شِمَالِهِ فَيَغْسِلُ فَرْجَهُ ثُمَّ يَتَوَضَّأُ وُضُوءَهُ لِلصَّلَاةِ ثُمَّ يَأْخُذُ الْمَاءَ فَيُدْخِلُ أَصَابِعَهُ فِي أُصُولِ الشَّعْرِ حَتَّى إِذَا رَأَى أَنْ قَدْ اسْتَبْرَأَ حَفَنَ عَلَى رَأْسِهِ ثَلَاثَ حَفَنَاتٍ ثُمَّ أَفَاضَ عَلَى سَائِرِ جَسَدِهِ ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَيْهِ

Artinya: Dari Aisyah dia berkata, “Apabila Rasulullah SAW mandi hadas karena junub, maka beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan, kemudian menuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian membasuh kemaluan, kemudian berwudhu dengan wudhu untuk shalat, kemudian beliau menyiram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut sehingga rata dan membasuh kepala sebanyak tiga kali, lalu beliau membasuh seluruh tubuh dan terakhir membasuh kedua kaki.” (HR. Muslim).

Berdasarkan hadits di atas, tatacara mandi janabah yang lebih sempurna adalah sebagai berikut:

  1. Niat menghilangkan hadats besar dengan membaca basmallah.
  2. Mencuci kedua telapak tangan.
  3. Mencuci kemaluan dengan tangan kiri.
  4. Berwudhu seperti wudhu shalat.
  5. Menyiram air ke kepala (keramas) dan bilas tiga kali.
  6. Mengguyur seluruh tubuh hingga bersih.
  7. Membasuh kaki.

Perlukah berwudhu seusai mandi?

Jawabnya adalah boleh. Tapi jika hendak berwudhu lagi juga tidak mengapa. Dalil kebolehannya adalah hadits berikut:

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ لاَ يَتَوَضَّأُ بَعْدَ الْغُسْلِ

Dari ‘Aisyah, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak berwudhu setelah selesai mandi.” (HR. Tirmidzi no. 107, An Nasai no. 252, Ibnu Majah no. 579, Ahmad 6/68. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Sebuah riwayat dari Ibnu ‘Umar,

سُئِلَ عَنِ الْوُضُوءِ بَعْدَ الْغُسْلِ؟ فَقَالَ:وَأَيُّ وُضُوءٍ أَعَمُّ مِنَ الْغُسْلِ؟

Beliau ditanya mengenai wudhu setelah mandi. Lalu beliau menjawab, “Lantas wudhu yang mana lagi yang lebih besar dari mandi?” (HR. Ibnu Abi Syaibah).

Kedua hadits ini mengisyaratkan bahwa hilangnya hadats besar secara otomatis juga menghilangkan hadats kecil. Jadi diperbolehkan untuk tidak wudhu lagi.[]

About Mr Tohirin

Check Also

Tatacara Aqiqah

Aqiqah adalah menyembelih kambing pada hari ketujuh kelahiran bayi. Secara sosiologis, aqiqah mempunyai peran penting …

20 comments

  1. Dayu Mega
    3A manajemen
    assalamuallaikum pak saya ingin bertanya, jika perempuan setelah haid dan ingin mandi hadats besar tetapi ternyata, tata caranya berbeda dengan yang disini apakah sudah bisa menghilangkan hadats besarnya? Kalaupun salah caranya tetapi kita sudah ada niatan untuk mandi hadats besar karena haid. Apakah sudah hilang hadats besarnya? Terimakasih pak jika sudah mau menjawab.
    Wassalamuallaikum wr.wb

    • Waalaikum salam. Yang sudah berlalu tidak apa. Isnya Allah dimaafkan Allah. Sekarang kita sudha tau yang lebih baik, maka kita perbaiki.

  2. Assalamualaikum Wr Wb.
    Sangat bermanfaat sekali ilmu yang didapatkan kali ini. Semoga ilmu yang disampaikan bermanfaat sekaligus mengundang pahala bagi yang membaca maupun yang membagikan nya. Aamiin.
    Wassalamualaikum Wr Wb.

  3. Hani rizky slsabilah

    Assalamualaikum wr wb
    Terimakasih pak atas ilmu yang di berikan sangat membantu dan bermanfaat bagi yang sebelumnya belum terlalu paham menjadi lebih paham.
    Wallaikumsalam wr wb

    Kelas 3A Manajemen

  4. Basmalah (3A-Manajemen)

    Alhamdulillah, terima kasih atas penjelasannya pak. Ini sangat membantu bagi yg masih bingung cara yg benar atau salahnya.

  5. Rima Oktavia (3A Manajemen)

    Assalamualaikum wr wb.
    Alhamdulillah bertambah lgi ilmu yg saya dapatkan, semoga ilmu yg dibagikan bermanfaat dan ditunggu pembahasan-pembahasan lainnya.

  6. assalamualaikum wr wb saya
    devi virginia putri kelas
    3A
    1702025015

    saya ingin bertanya :
    Apakah wajib menghadap kiblat ketika mandi wajib atau mustahab, ataukah tidak?

    terimakasih wassalamu’alaikum wr wb

  7. Liza Pratiwi
    3A Manajemen
    Assalamuallaikum,saya ingin bertanya bagaimana tata cara membersihkan Hadast besar yaitu nifas dengan cara yang baik dan benar? dan apakah benar mandi nifas wajib menggunakan daun bidara?jika tidak menggunakannya apakah benar benar bisa hilang dari hadast terebut?.

    Terimakasih pak
    Wassalamuallaikum wr.wb.

    • Waalaikum salam. Tatacaranya seperti yang Bapak jelaskan di atas, ya. Tidak ada syarat pakai daun bidara. Yang penting malah pakai sabun

  8. Syafera Eka Apriyani

    Syafera Eka Apriyani
    3B Manajemen

    Assalamualaikum pak, saya mau nanya kan disitu tata cara membersihkan hadats besar itu kan ada menyiram air ke kepala (keramas). Nah bagaimana jika ada seseorang ingin membersihkan hadats besarnya tetapi dalam kondisi yang sedang sakit jdi tidak bisa melakukan keramas?

  9. Assalamualaikum Wr.Wb
    pak, saya ingin bertanya terkait hadats besar misalnya haid, ada gak sih dalil yg menjelaskan bahwa wanita lagi haid itu tidak diperbolehkan menggunting kuku?
    terimakasih.
    wassalamualaikum

  10. Nabila Saroh Rofidah

    Assalamualaikum Pak,
    Saya Nabila Saroh Rofidah dari kelas 3B Manajemen.
    Saya ingin bertanya apakah benar rambut rontok wanita yg sedang haid harus dikumpulkan dan dicuci berbarengan saat melakukan mandi wajib selesai haid? Adakah dalil yg membenarkan hal tersebut Pak?.
    Terimakasih Pak
    Wassalamualaikum.wr.wb

  11. Isma Amalia Syafira

    Isma Amalia Syafira
    3B Manajemen

    Assalamualaikum pak, saya mau bertanya adakah ayat atau dalil yg menjelaskan tentang hukum membaca al-qur’an disaat sedang berhalangan atau haid?
    Terimakasih pak
    Wassalamualaikum wr.wb

  12. Assalamualaikum.. sangat bermanfaat sekali ilmunya pak, saya jadi tau cara menghilangkan hadast besar dengan benar. Di tunggu pembahasan pembahasan yang menarik lainnya dan bermanfaat.

  13. Assalamualaikum pak. Saya ingin bertanya jika saat sedang naik gunung dan ingin mensucikan diri dari hadast besar(haid) untuk mensucikan dirinya bagaimana ya pak? Apakah ditunda atau bagaimana?. Terimakasih

  14. Mukhryanta Labony m. 3B manajemen

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Saya ingin bertanya, Apakah diperbolehkan bagi orang junub melakukan shalat dengan tayammum sementara najis masih melekat pada tubuh dan bajunya jika waktunya sempit, ataukah ia harus bersuci dan mandi lalu mengqadha shalatnya?

  15. innisfree 【彩妝系列】我的腮紅霜的商品介紹 innisfree,彩妝系列,我的腮紅霜

  16. 水乖乖 【刷具】BF-12粉底刷的商品介紹 水乖乖,刷具,BF-12粉底刷

  17. Harry Kane is on the brink of becoming the first player to pass 40 goals in an English season since Cristiano Ronaldo’s stunning 2007-08 campaign. Tottenham’s Harry Kane threatening Cristiano Ronaldo’s 10-year 40-strike record… and Liverpool’s Mohamed Salah could also pass stunning tally

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *