Home / Ibadah / Beberapa Perdebaan Pendapat dalam Masalah Wudhu

Beberapa Perdebaan Pendapat dalam Masalah Wudhu

Di kalangan masyarakat terjadi beberapa perbedaan yang jika tidak dipahami dengan baik dapat menimbulkan perselisihan. Karenanya penting bagi kita untuk memahami duduk persoalan yang diperselihikan antara lain sebagai berikut:

  1. Tentang Niat

Diantara masyarakat ada yang melafadzkan niat dalam bahasa Arab:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Artinya : “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu (wajib) karena Allah ta’ala”.

Niat pada dasarnya tempatnya ada di dalam hati. Rasulullah SAW tidak pernah membaca lafadz niat (masyarakat sering menyebut doa wudhu) di atas. Para ulama sebenarnya juga sepakat bahwa wudhu tidak harus membaca lafadz niat di atas. Nah, di sini kemudian muncul perbedaan pendapat:

Pertama, ada yang menentang membaca lafadz di atas. Wudhu adalah ibadah mahdhah sehingga tidak boleh menambah-nambah apapun dari yang dicontohkan Rasulullah SAW.

Kedua, membolehkan (bukan mengharuskan) membaca lafadz di atas dengan alasan untuk menambah kemantapan dan memastikan niat yang benar pada saat mengerjakan wudhu.

Perbedaan antara keduanya sebenarnya tidak perlu dipertentangkan. Pendapat pertama benar, tapi mestinya bisa memaklumi pendapat kedua. Membaca lafadz niat sebenarnya tidaklah menambah-nambahi badah mahdhah. Ia hanya mengucapkan niat yang ada dalam hati. Tentu saja hal ini tidak ada larangan.

Namun bagi pendapat kedua juga penting untuk diberi catatan. Jika mau mengucapkan niat tentu tidak harus juga bahasa Arab. Boleh juga mengucapkan niat dalam bahasa Indonesia, misalnya: “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu (wajib) karena Allah ta’ala”.

Jadi tidak harus merepotkan menghafal niat dalam bahasa Arab sehingga bagi yang tidak hafal menjadi tidak bisa berwudhu. Pada intinya simpel saja. Cukup diawalai basmallah dan niat karena Allah sudah cukup.

2. Tentang Mengusap Kepala

Perbedaan dalam mengusap muka adalah terletak pada penafsiran ayat al-Quran:

وَٱمۡسَحُواْ بِرُءُوسِكُمۡ

Artinya: “…. usaplah kepalamu.”

Mengusap kepala ini ada yang mengartikan “sebagian” ada yang mengartikan “seluruh” kepala. Dalam strukur bahasa Arab, huruf “ba” yang terdapat pada kalimat:  بِرُءُوسِكُمۡ memang memungkinkan dua arti itu.

Karena itu, kita harus melihat bagaimana Rasulullah SAW mempraktikkan mengusap kepala. Ternyata Rasulullah SAW juga pernah mempraktikkan kedua-duanya.

Pertama, Rasulullah SAW mengusap keseluruhan kepala.

Amr bin Yahya al-Maziniy, menceritakan tentang Abdullah bin Zaid yang memperagakan cara berwudlunya Rasulullah SAW sebagai berikut:

ثُمَّ مَسَحَ رَأْسَهُ بِيَدَيْهِ فَأَقْبَلَ بِهِمَا وَ أَدْبَرَ بَدَأَ بِمُقَدَّمِ رَأْسِهِ ثُمَّ ذَهَبَ بِهِمَا إِلىَ قَفَاهُ ثُمَّ رَدَّ هُمَا حَتىَّ رَجَعَ إِلىَ اْلمـَكَانِ الَّذِى بَدَأَ مِنْهُ

Artinya: “Lalu mengusap kepalanya dengan kedua tangannya ke depan dan ke belakang mulai dari depan kepalanya kemudian menggerakkannya sampai ketengkuknya, lalu mengembalikannya ketempat semula.” [HR Abu Dawud: 118, an-Nasa’iy: I/ 70-71,71, Ibnu Majah: 434 dan at-Turmudziy: 32. berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih]. [4]

Cara mengusap kepala diteruskan sampai telinga atau dipisah?

Hal ini juga mengundang perbedaan pendapat.

Ada yang berpendapat bahwa cara membasuh kepala diteruskan sampai ke telinga, berdasarkan hadits berikut:

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ ، قَالَ : تَوَضَّأَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَغَسَلَ وَجْهَهُ ثَلاَثًا ، وَيَدَيْهِ ثَلاَثًا ، وَمَسَحَ بِرَأْسِهِ ، وَقَالَ : الأُذُنَانِ مِنَ الرَّأْسِ

Artinya. “Dari Abu Umamah Ra. beliau berkata: Nabi Saw. berwudhu (dengan cara) membasuh wajah sebanyak tiga kali, tangan sebanyak tiga kali, dan mengusap kepala. Nabi Saw. berkata: kedua telinga adalah bagian dari kepala.”

Bagi yang mendasarkan hadits ini mengusap telinga menjadi wajib, karena bagian dari kepala. Selanjutnya, mengusap kepala dilakukan sekali, berdasarkan hadits:

وَ مَسَحَ بِرَأْسِهِ مَرَّةً وَاحِدَةً

Artinya: “Dan mengusap kepalanya sekali.”

(HR an-Nasa’iy: I/ 68 dan Abu Dwud: 111. berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih).

Namun Rasulullah pernah juga membasuh 3 (tiga) kali:

رَأَيْتُ عُثْمَانَ بْنَ عَفَّانَ تَوَضَّأَ فَذَكَرَ نَحْوَهُ وَلَمْ يَذْكُرْ الْمَضْمَضَةَ وَالِاسْتِنْشَاقَ وَقَالَ فِيهِ وَمَسَحَ رَأْسَهُ ثَلَاثًا ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَيْهِ ثَلَاثًا ثُمَّ قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَوَضَّأَ هَكَذَا وَقَالَ مَنْ تَوَضَّأَ دُونَ هَذَا كَفَاهُ وَلَمْ يَذْكُرْ أَمْرَ الصَّلَاةِ

Artinya: Aku melihat Utsman bin Affan  berwudhu. Kemudian dia menceritakan sebagaimana hadits sebelum ini, namun di dalamnya dia tidak menceritakan berkumur-kumur dan istinsyaq. Dan di dalam riwayat itu disebutkan bahwa Humran mengatakan: Dia -Utsman- mengusap rambut kepalanya sebanyak tiga kali. Kemudian dia membasuh kedua kakinya tiga kali. Lalu Utsman mengatakan, “Aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berwudhu demikian. Dan beliau bersabda, ‘Barang siapa yang berwudhu kurang dari ini maka hal itu pun mencukupi baginya.’ Dan dia tidak menyebutkan tentang perkara sholat (sebagaimana yang ada pada riwayat Muslim di atas, pent).” (HR. Abu Dawud, dinyatakan oleh al-Albani hasan sahih di dalam Shahih wa Dha’if Sunan Abu Dawud [1/185] as-Syamilah).

Ada juga yang berpendapat bahwa mengusap kepala dan telinga dipisah. Mengomentasi hadits tentang telinga bagian dari kepala, al-Tirmidzi, menyatakan: “Saya tidak tahu, apakah kalimat ini (kedua telinga adalah bagian dari kepala) adalah pernyataan Nabi Saw. atau pendapat Abu Umamah.”

Karena keraguan ini pula dalam kitab al-Tamhid fi Adillati al-Taqrib karya Dr. Mustafa Dhieb al-Bigha, disebutkan bahwa membasuh sebagian kepala dan telinga tidak diperbolehkan dengan air yang sama.

Artinya, setelah membasuh sebagian kepala – atau seluruhnya sebagian praktik yang disunnahkan – tidak boleh langsung membasuh kedua telinga.

Dasarnya adalah hadis yang diriwayatkan oleh al-Hakim dari Abdullah bin Zayd Ra. tentang cara berwudhu Nabi:

مَسَحَ أُذُنَيْهِ بِغَيْرِ الْمَاءِ الَّذِي مَسَحَ بِهِ رَأْسَهُ

Artinnya: “Beliau berwudhu, kemudian membasuh kedua telinga dengan air yang bukan (digunakan) untuk membasuh kepala.”

Karena itu pula Imam Nawawi menyimpulkan, “Mengusap telinga adalah bagian dari sunnah wudhu sebagaimana hadits yang telah lewat.” (Al-Majmu’, 1:228).

Jika kita mau membaca berbagai buku dan keterangan maka kita akan menemukan berbagai argumentasi yang satu sama lain menganggap yang paling kuat argumentasinya dan tidak ada titik temu. Kalau tidak percaya silahkan ditelusuri saja.

Kebuntuan ini kalau disertai dengan sikap fanatik di masing-masing pihak akan berujung pada pertengkaran dan perpecahan.

Karena saya memilih mengalihkan sudut pandang ke arah sufistik. Melalui sudut pandang ini kedua-duanya bisa ditempatkan secara setara bahwa keduanya mempunyai iktikad yang baik dan sungguh-sungguh untuk mentaati hukum Allah.

Saya yakin niat baik ini semuanya dinilai mulia di sisi Allah. Langkah paling bijak adalah menghargai keyakinan dan argumentasi masing-masing.

Jadi silahkan dipakai mana saja yang paling anda yakini. Secara pribadi saya memang sependapat dengan Imam Nawawi. Yang dimaksud kepala dalam surat al-Maidah ayat 6 tidak memasukkan telinga di dalamnya. Saya sepakat bahwa membasuh telinga adalah hukumnya sunah.

Kedua, Rasulullah SAW mengusap bagian depan kepala.

Rasulullah SAW bersabda:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَوَضَّأَ ، فَمَسَحَ بِنَاصِيَتِهِ ، وَعَلَى الْعِمَامَةِ ، وَعَلَى الْخُفَّيْنِ

Artinya: “Nabi SAW berwudhu dengan mengusap bagian depan kepala dan ‘imamahnya (serbannya), beliau juga mengusap khuf (sepatunya).” (HR. Bukhari, no. 182 dan Muslim, no. 274).

Hadits di atas menunjukkan bahwa Rasulullah SAW memakai sorban, sehingga beliau hanya mengusap bagian depan kepalanya. Namun demikian sisanya beliau mencukupkan dengan mengusap soban.

Berdasarkan pembahasan di atas saya menympulkan bahwa tampaknya yang lebih tepat adalah mengusap seluruh bagian kepala dengan meneruskan sampai telinga atau pun memisahnya. Kemudian jika ada halangan tertentu, misalnya memakai sorban di kepala, atau para wanita yang mengenakan kerudung kepala boleh mengusap bagian depan kepala, kemudian sisanya mengusap penutup kepala tadi.

3. Doa setelah Wudhu

Sebagaimana telah dijelaskan pada judul: Cara Membersihkan Hadats Kecil, setelah wudhu Rasulullah SAW membaca:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ

Namun umunya di masyarakat ada tambahan lagi doa sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ المُتَطَهِّرِينَ

Artinya: Ya Allah jadikanlah aku termasuk hamba-hambaMu yang rajin bertaubat dan menyucikan diri.” (HR. Tirmidzi).

Hadits ini ada yang menyatakan sebagai hadits hasan. Tapi lebih banyak yang menyatakan hadis dhaif. Karena itu banyak pula yang memilih meninggalkan bacaan ini.[]

About Mr Tohirin

Check Also

Tatacara Aqiqah

Aqiqah adalah menyembelih kambing pada hari ketujuh kelahiran bayi. Secara sosiologis, aqiqah mempunyai peran penting …

63 comments

  1. Jika kita sedang kesusahan air bersih,apa boleh melalukan tayamum pa(?) Lalu bagaimana tata cara tayamum yang benar dan sesuai dengan ajaran rasulullah SAW

    • Tohirin Sanmiharja

      Untuk pembahasan tayamum akan dibahas pada pertemuan berikutnya. Dalam beberapa hari ke depan insya Allah tulisannya sudah di posting di web.

  2. Assalamualaikum Wr.Wb
    saya Rosita Yuniar ( kelas ibadah-akhlaq 3D)
    Saya ingin bertanya pak, bagaimana hukum nya jika saat solat dilakukan dengan wudhu yang belum batal dari solat sebelum nya misalkan solat isya dengan wudhu saat solat magrib,apakah sah solatnya?
    terimakasih, Wassalamualaikum Wr.Wb.

  3. robiatul adawiyah

    Saya robiatul adawiyah 3A Manajemen.
    Bagus banget pak saya mengerti perbedaanya .

  4. Mukhryanta Labony m. 3B manajemen

    Trimaksih banget pak ,artikelnya membuat saya mengerti perbedaannya

    • assalamualaikum
      saya indah apriliani dari kelas 3-A manajemen.
      terima kasih pak artikel ini sangat bagus, dan saya menjadi mengerti perbedaanya pak.

  5. Fitri Nur Fadhillah

    Assalamu’alaikum wr wb
    Saya Fitri Nur Fadhillah dari 3D ibadah-akhlak (kesmas)
    Saya ingin bertanya pak.. Bagaimana hukumnya jika seseorang berwudhu lalu ia membiasakan mengeringkan anggota tubuh yang terkena wudhunya menggunakan kain? Apakah diperbolehkan?

    Terima kasih, wassalamu’alaikum wr wb

  6. Mukhryanta Labony m. 3B manajemen

    Assalamu’alaikum wr wb
    Saya ingin bertanya pak
    Apakah wudlu sambil ngobrol di perbolehkan?

  7. DHC 【洗臉系列】純欖蘆薈皂 Pure Soap的商品介紹 UrCosme (@cosme TAIWAN) 商品資訊 DHC,洗臉系列,純欖蘆薈皂 Pure Soap47

  8. KENZO 【香水】紫色花露淡香水的商品介紹 UrCosme (@cosme TAIWAN) 商品資訊 KENZO,香水,紫色花露淡香水,有網友推薦最新1

  9. Swansea manager Garry Monk insists Newcastle’s players will not be affected by any supporters’ protests at St James’ Park on Saturday. The Magpies have lost their last six Premier League games Newcastle United players won’t be affected by supporters’ protests at St James’ Park, says Swansea boss Garry Monk 

  10. I don’t even know how I ended up here, but I thought this
    post was great. I do not know who you are but definitely you’re going to a famous
    blogger if you are not already 😉 Cheers!

  11. Hello. I have checked your kuliahaika.com and i
    see you’ve got some duplicate content so probably it is the reason that you don’t rank
    hi in google. But you can fix this issue fast. There is a tool that generates
    content like human, just search in google: miftolo’s tools

  12. Hi my friend! I want to say that this article is amazing, great written and come with almost
    all vital infos. I’d like to peer more posts
    like this .

  13. ขายยาสอด ขายยาเหน็บ ยาทำแท้ง
    ยาขับเลือด ru486 cytotec cytolog
    ติดต่อได้ 24 ชม.
    http://www.2planned.com
    0884010904
    0884010905
    ID line : มี 2 ไอดี
    2planned

  14. Should your motive the following is to learn paintings available for
    sale Melbourne or paintings available for sale Brisbane, unfortunately but you can’t notice here.
    Waterslide paper is offered in clear or white however clear is
    much more preferred, given that any type of unprinted locations on the image is still clear.
    Then it matters not whether it is heads or tail, you can predict the final results.

  15. Hi, i think that i saw you visited my web site thus i came to “return the
    favor”.I’m trying to find things to improve my
    site!I suppose its ok to use a few of your ideas!!

  16. This is a topic that is near to my heart… Cheers! Exactly where are your contact details though?|

  17. I am regular visitor, how are you everybody? This paragraph posted at this web page is in fact pleasant.|

  18. Good day! This post could not be written any better!
    Reading through this post reminds me of my previous room mate!
    He always kept talking about this. I will forward this page to him.
    Pretty sure he will have a good read. Thank you for sharing!

  19. At this moment I am going to do my breakfast, once having my breakfast coming again to
    read more news.

  20. Hey there! Would you mind if I share your blog with
    my zynga group? There’s a lot of people that I think would really appreciate your content.
    Please let me know. Thanks

  21. Monetary advisors business is folks enterprise.

  22. This design is spectacular! You obviously know how to
    keep a reader amused. Between your wit and your videos, I was almost
    moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Wonderful
    job. I really loved what you had to say, and more than that,
    how you presented it. Too cool!

  23. A monetary advisor is your planning partner.

  24. Schwab Intelligent Portfolios invests in Schwab ETFs.

  25. Investors do pay direct and indirect costs.

  26. Now it’s time to decide your specific investments.

  27. Traders do pay direct and indirect prices.

  28. And that is an funding danger value taking.

  29. Take into account investments that supply quick annuities.

  30. That is true for investment recommendation as well.

  31. Traders do pay direct and indirect costs.

  32. That is true for investment advice as properly.

  33. Investors do pay direct and oblique costs.

  34. All forms of investments include certain risks.

  35. Monetary advisors business is individuals enterprise.

  36. Thanks for your curiosity in Investment Recommendation.

  37. Take into account investments that supply immediate
    annuities.

  38. Albany Towing Services
    310 Sheridan Avenue #1
    Albany, NY 12206
    (518) 203-1506 Accidents and automobile issues occur at any
    time.

  39. And that is an funding danger price taking.

  40. aku dan rekan-rekan saya telah mencerna info & fakta keren dari
    website web anda lalu tiba-tiba mendapat firasat buruk bahwa
    saya tak pernah berterma kasih kepada pemilik blog atas cara tersebut.
    Wanita-wanita itu sudah akhirnya gemar mampu membaca semuanya dan sekarang telah teentu mencintai mereka.
    aku menghargai kamu dikarenakan amat membantu & serta buat memastikan tema keren semacam
    ini yg benar-benar amat sangat di inginkan orang.
    Permintaan maaf kami sendiri yang jujur sebab tidak mengungkapkan penghargaan kepada kamu sebelumnya.

  41. Investors do pay direct and oblique prices.

  42. A monetary advisor is your planning partner.

  43. And this is an investment danger price taking.

  44. Now it’s time to pick your particular investments.

  45. Thanks for your interest in Funding Advice.

  46. And that is an funding risk value taking.

  47. All forms of investments come with certain dangers.

  48. Contemplate investments that offer immediate annuities.

  49. Monetary advisors enterprise is individuals enterprise.

  50. Now it’s time to pick your specific investments.

  51. This is true for funding recommendation as effectively.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *