Kontrak Belajar dan Orientasi Muamalah

Halo teman-teman… perkenalkan nama saya Tohirin, S.H.I., M.Pd.I. Dikenal juga dengan nama UTS (Ust. Tohirin Sanmiharja), Dosen Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Wakil Dekan III/IV Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA. Alumni UIN Syarif Hidayatullah dan Univ. Ibn Khaldun, Bogor. Pernah menulis skenario sinetron dan sandiwara radio RRI. Sekarang masih aktif shooting Tuntunan Akhir Zaman di TVmu. Saya juga Master Training Baitul Arqam, Instruktur Outbond, Ice Breaker Pelatihan dan Specialis MC Wedding.  Hoby saya membaca, menulis, dan bernyanyi.

Alamat Rumah:  Perumahan Pamulah Hill 3 Tahap 2 Blok B, No. 12, , Jl. Beringin, RT. 01, RW.04, Kampung Pakis, Rawakalong, Gunung Sindur, Bogor. Hp: 081310413225, Email: tohirin@uhamka.ac.id, Website: https//:kuliahaika.com, Youtube: Tohirin Sanmiharja, Facebook: Tohirin Sanmiharja, Instagram: Tohirin Sanmiharja.

TATA TERTIB PERKULIAHAN

  1. Datang tepat waktu (tidak terlambat).
  2. Mengenakan pakaian sopan/islami (tidak ketat, tidak pakai kaos, mengenakan sepatu, tidak bolong-bolong, dst).
  3. Memenuhi bangku depan terlebih dahulu

METODE DAN MODEL PERKULIAHAN

  1. Menggunakan blanded learning (60% tatap muka, 40% online/elearning).
  2. Proses perkuliahan terdiri dari: (a) pembelajaran di kelas (baca basmalah, baca al-Quran, infaq), (b) tugas (mencari keluarga sakinah atau sebaliknya dan menulis laporan), (c) ujian (UTS, UAS).

ORIENTASI MATERI

Teman-teman sekalian yang saya banggakan… Islam adalah way of life (jalan hidup). Karena itulah agama ini tidak hanya menjelaskan berbagai hal setelah kita mati. Namun berisi pula pedoman dan aturan bagaimana kita menjalani hidup di dunia ini. Aturan-aturan agama itu bermanfaat dan berfungsi untuk mengatur kehidupan di dunia ini, sedangkan akhirat hanyalah buahnya semata. Pahala akhirat adalah buah dari perbuatan kita di dunia ini. Sebagaimana yang diungkapan Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin:  “Dunia adalah ladang tanam akhirat”.

Karena itulah salah satu ajaran Islam yang harus kita perhatikan adalah ajaran Islam yang berkenaan dengan tatacara kehidupan duniawi atau yang disebut dengan muamalah. Muamalah mengatur bagaimana kita bergaul dengan sesama. Keislaman kita tidak bisa hanya ditunjukkan dengan ketekunan ibadah, hubungan dengan Allah (hablun minallah) semata. Tapi harus juga ditunjukkan dengan baiknya pergaulan kita dengan sesama (hablun minannas).

Orang yang baik hubungannya dengan Allah dan dengan sesama makhluk inilah yang disebut dengan orang shalih: as-shaalih huwal qaa-im bihuquuqillaahi wabihuquuqi ‘ibaadihi (orang saleh adalah orang yang dapat menjalin hubungan baik dengan Allah dan hambaNya). Rasulullah SAW bahkan bersabda, bahwa buah dari baiknya agama kita ditunjukkan dengan baiknya hubungan kita dengan sesama manusia:

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

Artinya: “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no: 3289).

Karena itulah sangat penting bagi kita untuk mempelajari ajaran Islam yang berkenaan dengan muamalah ini. Cakupan pembahasan muamalah tentunya sangat luas, seluas urusan kehidupan manusia. Nah, dalam perkuliahan ini kita akan membahas secara spesifik tentang muamalah yang berkenaan dengan keluarga. Pemilihan ini sangat penting mengingat pergaulan keluarga menjadi salah satu dasar utama pergaulan masyarakat secara luas. Dengan memahami dan menerapkan kehidupan keluarga sesuai dengan ajaran Islam, diharapakan teman-teman dapat pula nantinya bergaul secara luas dengan baik.[]

About Mr Tohirin

Avatar

Check Also

Poligami dalam Islam

PENDAHULUAN Poligami sering disalahpahami oleh masyarakat kita. Sebagian ada yang menganjurkan poligami dengan alasan sunah …

Tinggalkan Balasan