Home / Presentasi / Manusia yang Berhutang, Allah yang Membayar

Manusia yang Berhutang, Allah yang Membayar

 

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), Maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. (Q.S. al-Baqarah [2]: 245).

Coba perhatikan kalimat ini: Siapakah yang mau memberi pinjaman (menghutangi) kepada Allah.  Membaca ayat ini dalam pikiran saya langsung terlintas: memangnya Allah miskin sehingga butuh pinjaman?

Jawabnya tentu saja “TIDAK!” Allah adalah al-Ghaniyyu (Dzat Yang Maha Kaya). Allah adalah Qiyamuhu binnafsihi (Dzat yang tak membutuhkan orang lain).

Lalu apakah yang dimaksud dengan menghutangi Allah? Menghutangi atau memberi pinjaman kepada Allah adalah menafkahkan sebagian harta kita untuk menolong orang lain, membelanjakan harta kita untuk kebaikan  umum, bershadaqah, berinfak, berzakat.

Untuk siapa sebenarnya harta-harta itu? Apakah untuk Allah? Tentu saja tidak. Harta itu adalah untuk hamba-hamba-Nya yang mebutuhkan pertolongan  dan untuk kemashlahatan umum.

Jadi seolah-olah Allah berkata kepada manusia: Hai manusia, tolonglah saudaramu yang kekuarangan, nafkahkan hartamu untuk sesama, untuk kepentingan umum, jangan khawatir, semua hartamu yang kau belanjakan nanti Aku yang akan menggantinya. Anggap saja aku berhutang kepadamu.

Sungguh, betapa Allah sangat peduli kepada hamba-hamba-Nya. Ia tak butuh sepeserpun dan tak mendapat untung sedikit pun dari semua harta hamba-Nya itu.

Tapi Dia betaruh untuk membayar semuanya. Semua shadaqah dan infak hamba-Nya Dia hitung se bagai piutang kepada-Nya. Jika sudah begini, betapa pelitnya kita kalau tak mau berinfak. Padahal semua  yang kita infakkan ditanggung akan dikembalikan oleh Allah.

Tentu saja ada satu syarat: berikanlah infak dan shadaqah itu dengan ikhlas. Berikan, kemudian lupakan! Tak usah kau menghitung-hitungnya. Allah telah mencatat dengan detail setiap kebajikan yang dilakukan hamba-Nya.[]

About Mr Tohirin

Avatar

Check Also

Jangan Terlalu Mengagumi Seseorang

Dan diantara manusia ada orang yang ucapannya tentang kehidupan dunia menarik hatimu, dan dipersaksikannya kepada …

Tinggalkan Balasan