Home / Presentasi / Sadarilah Datangnya Ujian

Sadarilah Datangnya Ujian

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, Sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat. (Q.S. al-Baqarah [2]: 214).

Beruntunglah kita jika termasuk orang yang beriman. Karena kita adalah calon-calon penhuni surga., tempat abadi yang penuh dengan kedamaian.  Surgalah tempat tinggal dan rumah yang sesungguhnya bagi orang-orang yang beriman. Di surga kita tak akan mengalami lagi kesulitan-kesuliatn hidup, kelelahan, kekhawatiran dan problem-problem lain yang kita alami di tempat tinggal palsu kita di dunia.

Sementara itu, menurut Nabi Muhammad SAW, keberadaan kita di dunia sebenarnya tak ubahnya seorang yang sedang merantau. Kita semua sedang berada di perantauan. Perantau yang sukses adalah mereka yang disamping meraih prestasi-prestasi tertentu juga tak lupa dengan tempat asalnya. Perantau yang suskes adalah mereka yang dapat pulang kampong dengan membawa bekal yang cukup.

Demikianlah diri kita sebagai orang mukmin. Kita sedang dalam perantauan, dan satu saat kita akan kembali ke tempat tinggal yang sesungguhnya. Kembali ke kampong halaman dengan membawa sejuta kebahagiaan. Dan kampung halaman itu adalah surga. Kampung halaman ini diperuntukkan bagi orang-orang mukmin yang sukses dalam menjalani “perantauannya” di dunia.

Namun jangan duduk berpangku tangan. Tahukah kita bahwa para perantau sukses adalah mereka yang punya cita-cita masa depan, bekerja keras dan tahan menghadapi ujian hidup? Demikian juga bagi orang mukmin. Gemerlap surga tak dapat diraih dengan berpangku tangan. Melalui ayat ini Allah SWT memberikan maklumat bahwa siapa pun yang mengaku beriman kepada-Nya dan ingin mendapatkan surga-Nya akan diuji komitmennya.

Orang-orang beriman akan menhadapi ujian. Demikianlah yang telah dilalui oleh para calon penghuni surga terdahulu. Allah SWT berfirman: Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan).

Tapi jika kita memang benar-benar beriman, kita harus optimis. Seberat apapun ujian yang kita hadapi, Allah akan memberikan jalan keluarnya. Bersungguh-sungguhlah dalam beriman, hadapi segala macam rintangan, mohonlah pertolongan kepada Allah SWT, niscaya Dia akan membantu kita. Betapa berat saat kita mendengar peringatan keras dari Allah SWT bahwa  ia akan menguji kita, bahwa Dia akan menguji komitmen keimanan kita.

Namun betapa lega rasanya ketika Dia juga berjanji akan menolong kita jika kita memang bersungguh-sungguh dalam usaha dan memohon pertolongan-Nya. Firman-Nya: sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, Sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.[]

 

 

About Mr Tohirin

Avatar

Check Also

Jangan Terlalu Mengagumi Seseorang

Dan diantara manusia ada orang yang ucapannya tentang kehidupan dunia menarik hatimu, dan dipersaksikannya kepada …

Tinggalkan Balasan