Home / Presentasi / Jangan Terlalu Mengagumi Seseorang

Jangan Terlalu Mengagumi Seseorang

Dan diantara manusia ada orang yang ucapannya tentang kehidupan dunia menarik hatimu, dan dipersaksikannya kepada Allah (atas kebenaran) isi hatinya, padahal ia adalah penantang yang paling keras. (Q.S. al-Baqarah [2]: 204).

 Manusia seringkali bersikap basa-basi; sok baik, sok sopan, sok saleh dan seterusnya. Orang bilang,”halus-halus buah kedongdong”. Halusnya cuma di luarnya, tapi dalamnya berduri. Manusia seringkali melakukan sesuatu karena pamrih; ada udang di balik batu; ingin dipuji, ingin dianggapa baik, atau sekedar untuk pemanis pergaulan.

Maka berhati-hatilah saat engkau bergaul. Jangan mudah tertipu dengan penampilan fisik, jangan mudah terkecoh oleh manisnya kata-kata. Inilah pesan penting yang terkadung dalam ayat di atas. Allah SWT berpesan: diantara manusia ada orang yang ucapannya tentang kehidupan dunia menarik hatimu, dan dipersaksikannya kepada Allah (atas kebenaran) isi hatinya, padahal ia adalah penantang yang paling keras.

Sekarang, marilah kita melihat ke dalam diri kita. Jangan-jangan justru kita sendiri yang sering bersikap seperti itu.  Ketahuilah bahwa sikap berpura-pura seperti itu adalah pantangan berat bagi orang yang ingin mendapatkan kebahagiaan hidup. Setiap kebohongan akan menorehkan keresahan tersendiri dalam hati kita.

Jelasnya bersikap “berpura-pura” adalah tindakan yang menyalahi “rumus kebahagiaan hidup”. Dengan kata lain: semakin tindakan kita cocok dengan nurani, maka jiwa kita semakin damai. Sikap berpura-pura akan menjadi teror bagi jiwa orang yang bersangkutan.

Maka berbuat jujurlah dalam setiap tindakan dan ucapan. Sesuaikan apa yang kita ucapkan dengan apa yang ada di dalam hati. Inilah rumus untuk mendapatkan ketenteraman jiwa. Tersenyumlah di bibir dan di hati.[]

About Mr Tohirin

Avatar

Check Also

Jangan Lalaikan Akhiratmu

Diantara manusia ada orang yang bendoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”, dan …

Tinggalkan Balasan