Home / Presentasi / Jangan Lalaikan Akhiratmu

Jangan Lalaikan Akhiratmu

Diantara manusia ada orang yang bendoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”, dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat. Dan di antara mereka ada orang yang bendoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”. Mereka Itulah orang-orang yang mendapat bahagian daripada yang mereka usahakan; dan Allah sangat cepat perhitungan-Nya. (Q.S. al-Baqarah [2]: 200-201).

Berapa jumlah kekayaan yang sekarang Anda miliki? Berapa prosen kekayaan meningkat dari sebelumnya? Apa lagi yang anda inginkan? Ingin beli mobil? Beli rumah? Atau rencana apa lagi yang Anda punya untuk masa depan Anda?

Begitulah manusia. Setiap hari, setiap menit, bahkan setiap detika selalu memunyai rencana tenang masa depan dunianya. Hari ini harus lebih baik dari kemaren, esok harus lebih baik dari hari ini. Begitulah prinsip yang kita anut.

Setiap hari kita punya rencana untuk meningkatkan kesejahteraan duniawi. Setiap saat kita berharap agar semakin hari keadaan kita semakin baik. Kita berdoa, kemudian bekarja keras peras keringat banting tulang. Berkat kesungguhan dan keuletan kita akhirnya nasib berubah. Keadaan membaik.

Harta yang kita miliki bertambah banyak. Inilah upah bagi orang yang mempunyai planning tentang dunianya, berdoa, dan bekerjakeras sebagaimana disinggung Allah dalam ayat di atas: “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”.

Namun jika semuanya hanya semata-mata untuk memenuhi ambisi duniawai, maka hanya itulah yang kita dapat. Allah berfirman:  tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat. Namun pernahkah kita merencanakan masa depan kita yang sesungguhnya? Masa depan kita di akhirat kelak.[]

 

 

 

 

 

 

About Mr Tohirin

Avatar

Check Also

Jangan Terlalu Mengagumi Seseorang

Dan diantara manusia ada orang yang ucapannya tentang kehidupan dunia menarik hatimu, dan dipersaksikannya kepada …

Tinggalkan Balasan