Home / Presentasi / Tuhanmu Sangat Dekat Denganmu

Tuhanmu Sangat Dekat Denganmu

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (Q.S. al-Baqarah [2]: 186).

Ketika hambaku bertanya tentangkau, maka katakanlah kepada-Nya, sesungguhnya Aku sangat dekat dengannya. Demikianlah pernyataan Allah SWT dalam ayat ini. Membaca ayat ini kita melihat betapa Allah SWT sangat sayang terhadap hamba-Nya.

Selanjutnya Dia berfirman: Aku akan mengabulkan permintaan hamba-Ku. Sungguh, betapa Allah SWT adalah Dzat yang Maha Pemurah, Maha Penyayang. Manusia tentu akan merasa bosan jika kita terlalu sering minta tolong kepadanya. Tapi Allah SWT tidak.

Bahkan sebelum kita memintanya, Dia sudah berjanji akan mengabulkannya.
Allah tentu tak akan pernah ingkar dengan janji-Nya. Namun Bagiamana agar permohonan kita dikabulkan Allah? Sebelum dijawab, mari kita tanyakan pada diri kita, jika kita memunyai dua orang anak, yang satunya taat dan berbhakti pada orangtua dan yang satunya lagi pembangkang, lalu masing-masing mengajukan permintaan, mana anak yang akan kita kabulkan permintaannya?

Tentu saja si anak berbhakti yang akan kita kabulkan permintaannya. Karena dialah anak yang benar-benar mengakui kedua orang tuanya. Karenanya ia taat dan berbhakti kepada mereka. Demikian juga kita juga merasa senang dan ridha dengan anak ini. Kita menaruh kepercayaan yang besar kepada anak saleh ini.

Demikian juga Allah. Wajar jika dia juga mensyaratkan hal yang sama. Kita tentu paham dan sangat bisa memakluminya. Sayarat itu adalah: Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku.

Ada dua syarat: pertama: menuruti perintah Allah, kedua: percaya kepada-Nya. Mempercayainya adalah pangkal dari dikabulkannya doa. Percaya bahwa Dia-lah satu-satunya tempat memohon yang paling tepat. Percaya bahwa Dia-lah Tuhan yang Maha Peduli. Percaya bahwa Dia-lah Penolong. Percaya bahwa Dia berada dekat kita. Sangaatt… dekat. Dia senatiasa mendengarkan permohonan kita.

Setelah itu lakukan perintah-Nya. Lakukan salat, zakat, puasa, dan jika mampu berhajilah. Berdermalah kepada kaum dhuafa, berbhaktilah kepada orangtua, berakhlaklah dengan baik pada sesama. Allah berfirman: Mohonlah kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkan permintaanmu. Bahkan, tanpa memohonpun Allah pasti akan menganugerahkan rahmat dan nikmatnya kepada hamba-Nya yang taat ini.[]

About Mr Tohirin

Avatar

Check Also

Jangan Lalaikan Akhiratmu

Diantara manusia ada orang yang bendoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”, dan …

Tinggalkan Balasan