Home / Presentasi / Bersihkan Jiwa dengan Puasa

Bersihkan Jiwa dengan Puasa

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,. (Q.S. alBaqarah [2]: 183-185).

Apakah rumus berikutnya yang diberikan Allah SWT agar dapat mengarungi hidup ini sesuai dengan rumus sang pembuat alam? Berpuasalah! Demikianlah perintah Allah SWT dalam ayat ini. Puasa tidak hanya diwajibkan bagi umat Muhammad SAW, namun juga kepada umat-umat para nabi sebelumnya. Inilah rumus Tuhan selanjtnya bagi orang yang menginginkan kebehagiaan sejati dalam hidupnya, baik dunia dan akhirat.

Puasa dinyatkan Allah SWT sebagai sarana yang efektif untuk menggapi ketakwaan. Sebulan dalam setahun, kita diharuskan untuk “mengheningkan cipta”, menata fisik dan psikis secara total. Ibarat komputer, ini adalah fase instal ulang untuk membasmi segala virus, mengapdate program, dan membersihkan fisik komputer. Bagi yang terbiasa melakukan puasa sunah, mungkin komputer tubuhnya tidak terlalu terganggu virus. Namun bagi yang tak pernah melakukannya, tentu komputernya sudah berdebu dan banyak kemasukan virus. Karena wajib untuk di-refresh-ulang minimal setahun sekali supaya kondisinya tetap prima.

Bulan suci Ramadhan adalah saat untuk meng-up date dan me-refresh diri kita. Perjalnaan selama 11 bulan yang kita alami tentu di sana-sini banyak kesalahan yang kita lakukan. Kesalahaan apa? Kesalahan dalam menggunakan hardware  dan software tubuh ini yang tidak sesuai dengan sang pembuat-nya. Tubuh ini adalah mesin dengan program-program unik supercanggih yang diciptakan Allah SWT. Menggunakan mesin canggih ini tentu harus mengikuti petunjuk aturan pakai sang pembuatnya. Jika tidak, maka akan rusak. Hidup tak akan pernah mencapai kedamaian karena program dalam tubuh kita banyak yang rusak.

Di bulan suci Ramadhan Allah SWT membuka service gratis dengan diskon besar-besaran. Inilah saat untuk menata kembali program dalam tubuh kita supaya kondisinya kembali prima. Untuk menguras virus-virus yang ada dalam tubuh, sementara waktu kita tak boleh makan dan minum. Biarkan mesin-mesin dalam tubuh kita bersitirahat dan biarkan kuman-kuman mati.

Banyak-banyaklah berkomunikasi dengan Allah SWT sang pembuat program ini. Ceritakan pada-Nya apa saja kekeliruan kita selama setahun dalam menggunakan program tubuh yang Dia berikan. Jangan berbohong, jangan berkata keji, jangan berprasangka buruk, jangan melihat kemaksiatan, jangan marah-marah, jangan kikir karena semua itu adalah sumber virus yang membuat program tubuh kita eror. Bacalah al-Quran, salat sunah, dan perbanykalah shadaqah, semua ini akan mengaktifkan program yang mati. Setelah selesai melakukan semua ini, tetap lakukan perawatan setelah keluar dari bengkel service Ramdahan. Semua cara menginstal program, me-refresh, dan membuang virus hendaknya tetap dilakukan di luar Ramdahan suapaya kondisi komputer tetap prima.[]

 

About Mr Tohirin

Avatar

Check Also

Jangan Lalaikan Akhiratmu

Diantara manusia ada orang yang bendoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”, dan …

Tinggalkan Balasan