Home / Presentasi / Amalan Orang yang Bertakwa

Amalan Orang yang Bertakwa

 

Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi Sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari Kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. mereka Itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka Itulah orang-orang yang bertakwa. (Q.S. alBaqarh [2]: 177).

 Untuk menjadi manusia  yang bahagia, kita harus mengikuti aturan Sang Pembuat Manusia. Dia-lah Yang Maha Tahu bagaimana seharusnya manusia berperilaku. Melalui firman-Nya ini Allah SWT memberitahu aturan hidup bagi seorang yang bertakwa. Yah, “orang yang bertakwa” atau “muttaqin” inilah julukan bagi manusia yang memathui aturan Allah SWT. Dialah manusia peraih kebahagiaan dunia dan akhirat.

Apa saja aturan yang harus dijalankan bagi seorang yang bertakwa? Sebelum dijawab, saya menggaris bawahi, saya yakin hal ini sudah sering kita dengar dalam ceramah-ceramah. Ini bukanlah hal baru. Namun sudahkan kita mencoba melakukannya? Sudahkah merasakan hasilnya betapa nyaman, damai, dan amannya pertasaan ini hidup dengan mentaati aturan Allah SWT?

Inilah aturan yang harus dijalankan: pertama berimanlah kepada Allah SWT. Sudahkan kita meyakini Allah SWT dalam sanubari kita? Sudahkan hati kita senanitasa diliputi oleh kecintaan dan kerinduan kepada-Nya. Sudahkan Allah SWT hadir dalam setiap menit dan detik kita? Selalu sadarkah hati ini bahwa Allah SWT senantiasa menyertai semua aktifitas kita?  Sudah yakinkah kita bahwa atas firman-firman-Nya? Sudahkah kita mengimani rasulnya dan menauladaninya? Yakinkah kita bahwa kita akan hidup kembali di akhirat nanti? Apa yang sudah kita persiapkan untuk kehidupan kita di akhirat nanti?

Kedua, menginfakkan harta yang dicintai kepada sanak kerabat yang membutuhkan, anak yatim, fakir miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta, serta membebaskan orang-orang yang berada dalam perbudakan. Ketiga,  melakukan salat. Keempat, menunaikan zakat. Kelima, menepati janji. Dan keenam, bersabar dan berlapang dada dalam keadaan yang sulit.[]

About Mr Tohirin

Avatar

Check Also

Jangan Lalaikan Akhiratmu

Diantara manusia ada orang yang bendoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”, dan …

Tinggalkan Balasan