Home / Presentasi / Rumus Menjaga Diri

Rumus Menjaga Diri

Tidakkah mereka mengetahui bahwa Allah mengetahui segala yang mereka sembunyikan dan segala yang mereka nyatakan? (Q.S.  al-Baqarah [2]: 77).

Salah satu hal yang membuat hati kita tak tenteram, merasa bersalah, pesimis, dan tidak percaya diri adalah karena kita tak jujur terhadap diri sendiri. Kita berbuat munafik.

Kita tampak baik manakala di depan orang banyak. Begitu sendirian kita berbuat jahat. Kita tampak saleh di muka umum. Padahal hati kita begitu keji. Pendek kata, semua perbuatan yang kita lakukan hanya pemanis muka. Hati nurani kita sangat berbeda dengan apa yang tampak di permukaan. Laksana buah kedongdong: luarnya halus mulus tapi dalamnya berduri-duri.

Inilah penyakit akut yang membuat hati kita selalu bimbang. Akibatnya mengganggu segala aktifitas yang kita jalani. Hidup menjadi tidak fokus karena di sana-sini penuh kebohongan. Jika semua ini ini terus berlanjut lama kelamaan akan menjadi beban psikologis yang amat berat dan membuat kita stres.

Lalu apa obatnya? Obatnya adalah bersikaplah jujur. Serasikan perbuatan dengan apa yang ada dalam nurani. Nurani kita selalu berkata jujur, selalu tahu mana yang baik dan mana yang buruk. Maka jangan lakukan hal sudah tahu itu buruk. Dan berbuatlah setulus hati. Jujurlah kepada dirimu sendiri. Berbuat baiklah dan jujurlah baik di hadapan orang lain maupun manakala sendirian. Dengan bersikap seperti ini beban perasaan akan hilang. Dada menjadi lapang. Pikiran menjadi jernih.

Namun betapa susah menjadi orang yang sadar. Manusia lebih sering basa-basi, lebih sering munafik daripada jujurnya. Karena itulah Allah SWT hadir menolong kita. Tanpa dipungut biaya, Dia berkenan mengawasi kita. Membantu kita agar kita menjadi orang yang jujur. Agar kita medapat kejernihan pikir dan kelapangan jiwa. Agar kita menjadi orang yang bahagai.

Perhatikan kalimat ini;” Tidakkah mereka mengetahui bahwa Allah mengetahui segala yang mereka sembunyikan dan segala yang mereka nyatakan?”  Allah SWT senantiasa mengawasi kita. Di mana pun, kapan pun. Maka berbuat baik, jujur, dan ikhlaslah, karena Dia selalu mengawasimu. Selalu bersama Allah-lah dimanapun berada. Allah SWT adalah penjaga dan teman yang paling setia.[]

About Mr Tohirin

Avatar

Check Also

Jangan Lalaikan Akhiratmu

Diantara manusia ada orang yang bendoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”, dan …

Tinggalkan Balasan