Home / Presentasi / Rumus Menghindari Kesusahan dan Kesedihan

Rumus Menghindari Kesusahan dan Kesedihan

Kami berfirman: “Turunlah kamu semuanya dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, Maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati” (Q.S. al- Baqarah [2]: 38).

Apakah anda pernah bersedih? Pernah menderita? Pernah bimbang dan khawatir dalam menghadai kehidupan ini? Saya pernah, sering malah.

Saya yakin anda juga pernah, bahkan semua orang di dunia ini saya yakin pernah mengalaminya. Penderitaan, kesedihan, kebimbangan, kekhawatiran, dan ketakutan dapat melanda siapa saja tak pandang bulu.

Banyak harta bukan jaminan hidup bahagia. Banyak diantara mereka yang kaya raya malah menjadi frustasi. Hari demi hari hanya dipenuhi dengan gerutu dan penyesalan. Hidup terasa hampa.

Mengapa bisa demikian? Bagaimana  cara mengobatinya? Nah, ayat ini memberikan jawabannya. Menurut ayat ini, orang bisa demikian karena ia hidup salah konsep.

Ia menyalahi aturan kebahagian dan aturan kedamaian hidup yang telah dirumuskan Allah SWT. Alam ini begitu luas dan unik. Begitu juga dengan tubuh ini. Allah-lah yang mengetahui semua komponen keunikan itu.

Allah SWT telah membuat pedoman agar manusia hidup serasi dengan komponen alam, komponen tubuh, dan jiwanya. Allah SWT telah buatkan petunjuknya.

Perhatikan kalimat ini,” Maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati”.

Inilah konsep dasar hidup bahagia. Jika ingin bahagai, ikuti petunjuk hidup yang telah dibuat Allah SWT. Mengapa orang merasa sedih, khawatir, ketakutan dan menderita? Jawabnya adalah karena ia hidup menyimpang dari petunjuk kebahagiaan yang dibuat Allah SWT.

Maka ikutilah petunjuk hidup yang dibuat Allah SWT. Sekarang saya menemukan jawabnya mengapa selama ini hidup saya gelisah dan merasa tidak bahagia. Semua itu tak lain karena mengabaikan petunjuk Allah SWT.[]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About Mr Tohirin

Avatar

Check Also

Jangan Lalaikan Akhiratmu

Diantara manusia ada orang yang bendoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”, dan …

Tinggalkan Balasan